KABAR BIREUEN-Sesuai aturan karang taruna boleh dan dibenarkan menggunakan dana desa, asal dimasukkan dalam qanun gampong dan dimanfaatkan dengan berbagai inovasi dan kreativitas untuk pembinaan dan pemberdayaan generasi muda di gampong.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGPKB) Kabupaten Bireuen, Bob Mizwar,S.STP,MSi, saat menyampaikan materi pada kegiatan sosialisasi dan diskusi panel tentang pembinaan kepemudaan gampong melalui karang taruna , pageu gampong dan satgas anti narkoba, yang digelar oleh Karang Taruna Kecamatan Peusangan,  di Aula Kantor Camat Peusangan,Rabu (14/2/2018) sore.

Pada kesempatan tersebut, Bob Mizwar juga mengatakan, dana desa di Kabupaten Bireuen dari tahun ke tahun terus meningkat, diharapkan kepada pemerintah gampong dapat memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya agar tidak bermasalah dengan hukum,karena dana tersebut akan di audit penggunanannya.

Ketua panitia kegiatan, Rahmadsyah menyampaikan, kegiatan ini diikuti 128 peserta terdiri dari kepala desa dan ktua karnag taruna dan kepemudaan dari 69 gampong dalam kecamatan Peusangan, tujuannya untuk menyamakan persepsi dalam penganggaran alokasi dana gampong untuk pemberdayaan karang taruna dan  pageu gampong dan satgas anti narkoba.

Materi lainnya disapaikan Mukhlis Aminullah, Tenaga Ahli P3MD, yang mengajak peserta dari karang taruna untuk menjadi pelopor pembangunan di gampong, serta ikut serta menjaga ketertiban dan ketentraman di gampong, pemuda juga menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkoba dalam wadah satgas narkoba dan organisasi karang taruna.

Sementara pemateri ketiga, Ketua Karang Taruna Kabupaten Zulkifli,M.Kom, pada kesempatan tersebut menyampaikan,  karang taruna merupakan organisasi sosial yang dibentuk secara resmi  di bawah binaan Kementerian Sosial.

Pihaknya mengharapkan kepada semua gampong dapat membentuk karang taruan di gampong masing-masing,  banyak keuntungan  didapat dengan adanya karang taruna di tingkat gampong, salah satunya terbukanya  jaringan diseluruh daerah.

“Karena itu, karang taruna gampong agar dapat memanfaatkan jaringan ini untuk saling berkomunikasi dengan karang taruna dari berbagai daerah,” sebut  Zulkifli.

Zulkifli juga mengharapkan kepada ketua karang taruna gampong agar terus berbuat dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan  dengan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Acara berlangsung setengah hari ini selain dihadiri keuchik dan karang taruna gampong juga  perwakilan Koramil Peusangan.

Kegiatan  dibuka secara resmi Camat Peusangan Amiruddin,BA menghadirkan pemateri Kepala DPMGPKB Bob Mizwar,S.STP,MSi, Tenaga ahli P3MD Mukhlis Aminullah, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen Zulkifli,M.Kom dan Polsek Peusangan. (Ihkwati)

 

 

BAGIKAN