KABAR BIREUEN – Masyarakat Kabupaten Bireuen yang berobat di Poli Mata Rumah Sakit Bireuen Medical Centre (BMC) Bireuen, sangat kecewa.

Pasalnya, warga masyarakat yang ingin berobat saat mendaftar di loket Poli Mata, saat menyerahkan foto copy rujukan, KTP, KK, Askes dan KIS, kacau-balau dan berdesak-desakan antara pasien pria dengan pasien wanita.

Salah seorang pasien rujukan berobat jalan, setelah menjalani operasi katarak kedua belah matanya, mengatakan, faktor penyebab kacau-balaunya pendaftaran pasien di Poli Mata Rumah Sakit BMC, karena pihak petugas pendaftaran tidak menggantungkan nomor antrian di depan loket Poli Mata.

Karena tidak adanya nomor antrian tersebut, semua pasien di Poli Mata setiap hari Selasa dan Jumat, sekitar seratusan pasien berdesak-desakan berebut mendaftar. Akibatnya, seorang pasien perempuan lansia ada yang nyaris terjatuh, Selasa (17/42018).

Untung saja petugas Satpam segera menertibkan pendaftaran pasien yang sedang berdesak-desakan tersebut. Dia meminta pasien wanita antrian sesama pasien wanita dan pasien pria antrian bersama pasien pria.

Selain itu yang juga menimbulkan masalah, pendaftaran baru dibuka pukul 09.00 WIB. Padahal, sejak pukul 8.00 WIB para pasien yang mencapai seratusan orang, sudah berjubel di depan loket Poli Mata. Seharusnya, pendaftaran bisa dipercepat dan dibuka pukul 8.00 WIB. Sebab, setiap pasien penyakit mata katarak, setelah menyerahkan berkas rujukan, harus melakukan sidik jari.

Menurut pasien tersebut, nomor antrian yang digantungkan di depan loket, sangat penting. Tujuannya, agar para psien tertib melakukan pendaftaran sesuai nomor antri, ketimbang memberikan nomor setelah pendaftran.

Sumber yang diperoleh Kabar Bireuen, setiap Selasa dan Jumat, pasien terbanyak penyakit mata katarak didomnasi pasien wanita setengah baya dan lansia, dibandingkan pasien laki-laki. Mereka datang ke sana, berobat pada dr Muhammad, dokter spesialis mata.

“Jika dua hal tersebut tidak dilakukan, yaitu menggatungkan nomor antrian di depan loket dan pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB, pendaftaran pasien di Poli Mata RS BMC akan tetap kacau berdesak-desakan,” ujar pasien tersebut. (Abu Iskandar)

 

BAGIKAN