KABAR BIREUEN- Pada ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7  yang berlangsung di Banda Aceh, 5-15 Agustus 2018, Kabupaten Bireuen berhasil menjuarai sejumlah lomba.

Diantaranya, Bireuen berhasil menjadi juara I lomba Cagoek dari Sanggar Rangkang Sastra, Geulayang Tunang dari Sanggar Majelis Adat Aceh (MAA) dan Seudati dari Sanggar Syeh Geunta Bireuen.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar a Gani SH.,M.Si kepada Kabar Bireuen, Selasa (14/8/2018).

“Selain ketiga lomba tersebut, Bireuen juga meraih juara II pada lomba Tari Kreasi dari Sanggar Meuligoe, Gaseng dari MAA,  Sendratari, dari Sanggar Rangkang Sastra,” sebutnya.

Wabup Muzakkar menyebutnya, pada lomba lainnya, Bireuen juga berhasil meraih juara III pada Lomba Cipta dan Baca Puisi Daerah, dari Sanggar Rangkang Sastra, Zikir Maulid dari MAA, Meureukon dari MAA.

Pada  lomba Boeh Gaca dari PKK, meraih juara  IV, begitu juga dengan lomba Dalail Khairat, dari MAA, memperoleh  juara IV serta Peuayon Aneuk, dari MAA, juga raih juara IV. Sedangkan Suson Ranup dari PKK mendapatkan juara V.

“Masih ada beberapa lomba lagi yang Belum diumumkan, semoga Bireuen kembali meraih juara pada lomba tersebut,” harap Muzakkar.

Sementara itu, salah satu pelaku seni Bireuen yang terlibat langsung Pada PKA  ke-7, Novianti MR yang dihubungi Kabar Bireuen, Selasa siang (14/8/2018) menyebutkan, memang ada beberapa lomba yang belum diumumkan. Lomba adat perkawinan, Bireuen meraih juara III

“Alhamdulillah sejumlah lomba yang dibawah penanganan saya, seperti Cagok, Sendratari dan lomba puisi kita dapat nomor semuanya,” sebut sutradara Sendratari Pocut Meuligoe tersebut.  (Ihkwati)

 

BAGIKAN