KABAR BIREUEN – Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Bireuen, Zamzami, S.Pd, melakukan kunjungan ke beberapa sekolah jenjang SMP, guna memantau berlangsungnya Try Out UNBK online serentak yang dimulai hari ini, Senin (4/3/2019).

Zamzami saat meninjau Try Out di SMPN 1 Bireuen kepada wartawan, mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk melihat persiapan, baik persiapan sarana maupun prasarana.

Selain itu, untuk memantau mutu dan kualitas siswa dalam memahami kisi-kisi UN. Ini sebagai pemetaan sejauh mana kepala sekolah, guru dan siswanya dalam persiapan menghadapi UN online yang sebenarnya nanti secara online dan juga pemetaan rangking sekolah.

Try Out secara online tingkat SMP sederajat tersebut berlangsung selama empat hari (4-7/3/2019). Terdiri dari empat mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

“Aplikasi dan soal semua Try Out ini diciptakan oleh guru-guru Bireuen sendiri dari Forum MGMP,” kata Zamzami.

Sebelumnya, menurut dia, semua sekolah sudah mempersiapkan untuk membedah kisi-kisi UN di sekolah. Hari ini dilihat sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahaminya dalam penerapan.

“Setelah try out akan kita panggil kepala sekolah-sekolah untuk melihat hasil Try Out, karena nilai Try Out setiap sekolah langsung terkoneksi ke server Disdikpora Bireuen. Jika hasil Try Out ini masih banyak kekurangan, akan dapat segera kita perbaikinya,” jelas Zamzami. (Herman Suesilo)

BAGIKAN