KABAR BIREUEN– Ratusan murid Sekolah Dasar se-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Jeumpa Kabupaten Bireuen, mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar (FLS2N).

FLS2N yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) UPTD Pendidikan Jeumpa tersebut, digelar selama dua hari, Rabu-Kamis (19-20/4/2017).

FLS2N  dengan tema “Kreasi Seni yang Memancarkan Prestasi dan Membentuk Karakter Mulia” ini, dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen yang diwakili Kasi Kurikulum SD Disdipora Bireuen, Surya, S.Pd, M.Pd, Rabu (19/4/2017) di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen.

Dalam Inti sambutanya, Surya mengatakan, FLS2N merupakan wahana berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetensi secara sportif, sekaligus mendorong kreativitas dan minat belajar peserta didik.

Disamping itu, kata dia, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meyiapkan generasi yang memiliki minat akan seni budaya dan sekaligus untuk membangun karakter generasi muda, khususnya kalangan pelajar

Diharapkannya, para juri di setiap cabang yang diperlombakan agar memberikan penilaian yang objektif, adil, amanah dan jujur. Dengan mengedepankan nilai-nilai kebenaran.

“Berikan penilaian seobjektif mungkin, adil, terbuka dan jujur serta mengedepankan amanah,” harap Surya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Jeumpa, Drs Asralidin Amin mengatakan, dengan kegiatan FLS2N ini, dapat menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra.

Khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, membina dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni dan sastra.

Selain itu, sebutnya, juga untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang seni serta mempererat persahabatan, persatuan dan kesatuan bangsa sesama peserta didik.

“UPTD Pendidikan Jeumpa ini membawahi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Jeumpa, Kota Juang dan Kuala,” katanya.

Sebelumnya, Ketua penyelenggara, Hamdani M, S.Pd. mengatakan, jumlah sekolah yang mengikuti FLS2N sebanyak 43 Sekolah Dasar se-UPTD Pendidikan Jeumpa. Sedangkan juri lomba keseluruhannya berjumlah 30 orang.

Semua perlombaan tersebut dipusatkan di Sekolah Sukma Bangsa  Cot Keutapang Kecamatan Jeumpa Bireuen.

Mata lomba yang dipertandingkan sejumlah sepuluh cabang, yaitu lomba Vocal Solo, Tari Kreasi, Pantomim, Baca Puisi, Cipta Puisi, Melukis, Pidato Bahasa Indonesia, Gambar Bercerita, Kriya Anyam dan Membatik.

“Untuk pemenang lomba, khususnya juara 1 masing-masing bidang lomba seni akan diikutkan pada event FLS2N Tingkat Kabupaten Bireuen, mewakili UPTD Pendidikan Jeumpa,” jelasnya.

Untuk peserta yang dinyatakan sebagai pemenang 1, 2 dan 3 untuk masing-masing mata lomba, akan diberikan hadiah. (Herman Suesilo)

BAGIKAN