KABAR BIREUEN-Perhimpunan Persatuan Media Nusantara (PPMN) kembali menggelar kegiatan mentoring mingguan yang ketiga kalinya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula MK Coffe Shop Matang Sagoe, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Senin (8/7/2019).

Dalam kegiatan ini, hadir dua pemateri, Ihkwati, Redaktur Pelaksana (Redpel) Kabar Bireuen.com dan M. Ridha Irham Pemimpin Umum Lembaga Pers Mahasiswa Suara Almuslim (LPM SA).

Ihkwati menyampaikan materi terkait Pengaruh Media dalam Peningkatan Pelayanan Publik.

Dihadapan beladan peserta jurnalis warga (JW), wanita yang akran disapa Wati itu membahas peran dan fungsi media serta standar pelayanan publik.

“Salah satu dari fungsi media yaitu untuk menyampaikan informasi dan sebagai kontrol sosial atas kebijakan pemerintah,” sebutnya.

Ia juga menambahkan, media, baik media cetak, elektronik, online maupun media sosial itu bisa menjadi sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhannya dalam pelayanan publik yang tidak optimal atau buruk di suatu instansi, mulai dari desa, pemerintah Kabupaten, provinsi sampai pusat.

“Dengan adanya media, setiap keluhan pelayanan publik mudah untuk disampaikan dan diharapkan setelah diberitakan cepat ditanggapi oleh orang yang pengambil kebijakan di instansi bersangkutan,” katanya.

Sementara itu, M. Ridha Irham memaparkan materi mengenai pengelolaan website.

Ridha menjelaskan, website ini terbagi menjadi dua macam yaitu pengelolaannya secara statis atau manual dan secara dinamis atau otomatis yang telah tersedia di website.

“Hari ini kita akan fokuskan pada pengelolaan web secara dinamis agar nantinya bisa diterapkan saat mengelola website gampong,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan sedikit dari fungsi website, yaitu sebagai media sosial yang bertujuan mempermudah individu atau perusahaan untuk sharing/berbagi konten serta informasi kepada publik.

Dalam kesempatan ini, JW juga diajarkan membuat akun di WordPress untuk nantinya bisa mengelola website sendiri untuk memposting tulisan dari mereka sendiri. (Athlia Anissa/Jurnalis Warga)

BAGIKAN