Jalan Kawasan Pinto Rimba Peudada tergerus longsor dan rusak parah

KABAR BIREUEN– Jalan di Kawasan Pinto Rimba, Kecamatan peudada, Bireuen longsor dan becel akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut.

Hampir seluruh badan jalan longsor di Pinto Rimba, mengakibatkan petani kesulitan melintasi jalan tersebut untuk membawa hasil panen dari kebunnya.

Warga yang melintasi jalan tersebut menju kebunnya yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Pinto Rimba sangat mengharapkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen mengerahkan alat  berat untuk membuka jalan yang tertutup longsor.

“Kami sangat sulit melewati jalan longsor dan berlumpir dan becek ini, karena itu mohon perehatian Pemerintah Daerah,” sebut salah seorang  wanita yang baru saja pulang dari kebunnya kepada wartawan, Sabtu sore (6/1/2018).

Terkait permintaan warga, Kepala Pelaksana BPBD Bireuen, Muhammad Nasir SP,MSM  yang dikonfirmasi Kabar Bireuen menyebutkan, pihaknya sudah ke lokasi longsor tersebut.

“Sudah ada yang ke sana tadi,  Pak Saifuddin yang ke lokasi untuk melihat langsung kondisi jalan longsor,” sebut Muhammad Nasir.

Dikatakan, rencananya memang akan diturunkan alat berat berupa escavator. Butuh waktu 15 jam untuk melakukan penggalian saluran dan pembuangan tanah longsor lebih kurang 10 meter.Sedangkan untuk penggalian saluran mencapai 400 meter untuk menghindari air mengelir di badan jalan.

“Berdasarkan analisis kaji cepat oleh Tim BPBD jalan menuju Pinto Rimba rusak/longsor disebabkan intensitas hujan tinggi, sehingga badan jalan tertimbun dengan tanah longsor dan  badan jalan tergurus air,” jelasnya. (Ihkwati)

BAGIKAN