Wakil Ketua Panitia Pelaksana Tabligh Akbar Kabupaten Bireuen Munawar yang didampingi Sekretaris Panitia, drh. Murdani

KABAR BIREUEN – Panitia pelaksana Tabligh Akbar Kabupaten Bireuen yang mendatangkan penceramah Ustad H. Abdul Somad, Lc.,MA (UAS) pada Senin 12 Maret 2018 telah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Tabligh Akbar Kabupaten Bireuen, Munawar yang didampingi Sekretaris Panitia, drh. Murdani dalam konfrensi pers, Sabtu (10/3/2018) di Lapangan Galacticos Cot Gapu memaparkan terkait persiapan yang sudah dan akan dilaksanakan.

Menurut Munawar, rombongan UAS akan mendarat di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara tepat pukul 12.30 WIB dengan pesawat carteran dari Bandara Internasional Kuala Namu.

“UAS akan tiba di Malikussaleh siang, kemudian bertolak ke Masjid Istiqamah Lhokseumawe untuk memberikan tausiah di sana. Kemudian pukul 18.00 WIB kita jemput menuju ke Bireuen, dan akan singgah di kediaman Bupati Bireuen untuk melaksanakan salah magrib, dilanjutkan dengan peusijuk (tepung tawar) oleh Waled Nu, dan makan malam beserta ulama serta muspida plus,” papar Munawar.

Dilanjutkannya, setelah salat Isya, UAS beserta rombongan menuju lapangan Galacticos, karena acara akan dimulai pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB.

“Acaranya diawali pembukaan oleh MC, shalawat badar oleh Joel Pase, laporan panitia, sambutan Ketua IKAT Aceh, Tgk H.M. Fadhil Rahmi, Lc. Kemudian sambutan dan arahan Bupati Bireuen, dilanjutkan Tabligh Akbar UAS serta di tutup dengan doa,” urainya lagi.

Munawar juga menyampaikan, sebelum kembali ke Riau melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) UAS akan singgah di Dayah Mudi Mesra Samalanga, selanjutnya memberi tausiah di Beureunun, Pidie sekitar pukul 02.00 dini hari (13 Maret 2018).

Menyangkut dengan persiapan panitia Tabligh Akbar Kabupaten Bireuen, kata Munawar, lapangan seluas 2,4 ha dapat menampung sekitar 60 ribu orang sudah rampung. Pentas utama sudah mulai disiapkan hari ini, dan tenda VIP sebanyak 8 unit juga sedang dipersiapkan.

Sedangkan lokasi untuk parkir, panitia menyiapkan dua lokasi. Untuk massa yang datang dari arah timur, lokasi parkirnya di lapangan Paya Kareung, sebelah timur Meuligoe Hotel.

“Untuk massa yang dari arah barat kita siapkan lokasi parkirnya di komplek pusat Pemerintahan Cot Gapu. Jika tidak mencukupi, akan kita gunakan di lokasi Stadion Cot Gapu,” imbuh pengusaha muda yang kerap disapa Raja ini.

Raja juga memperkirakan, mulai pukul 18.00 WIB, massa akan memadati lokasi Tabligh Akbar dan jalan di sekitar lokasi akan macet sampai berakhirnya acara.

Dia juga menghimbau kepada pengguna jalan, pada waktu tersebut untuk dapat menggunakan jalan alternatif, dari Geudong-Geudong sampai ke Cot Bada, Kecamatan Peusangan.

“Untuk menghindari kemacetan, kami menghimbau pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif. Dan mungkin, apabila situasi nanti jalan macet, Polisi dari Satlantas akan melakukan rekayasa rute dari kedua arah,” harapnya.

Tabligh Akbar bertema “Meneladani Rasulullah SAW sebagai Pemersatu Umat, Demi Bireuen yang Lebih Baik dan Bermartabat” yang bertepatan dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H akan menurunkan tim pengamanan dari TNI/Polri, Satpol PP dan WH, Satgas Khusus dan Poros Muda.

Murdani, Sekretaris Panitia menambahkan, undangan VIP disiapakan untuk 400 orang untuk pimpinan dayah, anggota dewan, unsur muspida.

“Sedangkan yang lain undangannya bersifat terbuka untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bireuen dan sekitarnya,” demikian drh. Murdani. (Rizanur)

 

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN