mplementasi Kegiatan Jaksa Masuk Desa (Gampong) Dan Tim Pengawal, Tim Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan (TP4D) yang berlangsung di Meunasah Gampong Meunasah Kota, Kecamatan Jeunieb

KABAR BIREUEN–Maysarakat dari beberapa gampong dalam Kecamatan Jeunieb mengikuti acara Implementasi Kegiatan Jaksa Masuk Desa (Gampong) Dan Tim Pengawal, Tim Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan (TP4D) yang berlangsung di Meunasah Gampong Meunasah Kota, Kecamatan Jeunieb, Rabu (28/3/2018).

Kegiatan yang diadakan pada tahap pertama ini diikuti lima  gampong dalam Kecamatan Jeunieb, diantaranya Gampong Meunasah Kota, Gampong Keude Jeunieb, Gampong Janggot Seungko, Gampong Blang Mee Barat dan Gampong Meunasah Blang.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB itu dihadiri  Tim dari Kejaksaan Negeri Bireuen dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Sejahtera (DPMG-PKS)Kabupaten Bireuen, Bob Miswar, SSTP,M.Si serta dihadiri juga oleh Muspika Plus Kecamatan Jeunieb, yaitu Camat Jeunieb, Kapolsek Jeunieb dan Koramil Jeunieb.

Program yang bertajuk “Jaksa Masuk Desa” merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dalam Kecamatan Jeunieb setelah diberlakukannya Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta peraturan terkait tentang pemerintahan desa.

Program jaksa masuk desa ini disambut baik oleh peserta (masyarakat) yang hadir dengan harapan terciptanya penyelenggaraan pemerintahan gampong yang baik, profesional, akuntabel serta terhindar dari tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan penyalahgunaan kewenangan.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Bireuen menggandeng pihak Kejaksaan Negeri Bireuen untuk memberikan penerangan, pendampingan dan penyuluhan hukum kepada aparat pemerintahan gampong dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa.

Forum dalam pertemuan ini kelihatan sangat aktif, karena banyaknya pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh peserta tentang pengelolaan dana desa. Baik itu yang ditanyakan langsung kepada pihak Kejaksaan Negeri Bireuen maupun kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bireuen.

Banyak pertanyaan yang dijawab secara jelas dan terperinci sehingga membuat peserta merasa sangat puas dengan jawaban yang diberikan tersebut.

Camat Jeunieb, Drs Jalalludin, berharap dengan terlaksananya kegiatan Jaksa Masuk Desa (Gampong) ini maka akan terbuka ruang bagi pemerintahan gampong dalam Kecamatan Jeunieb untuk mendapatkan bantuan hukum atas segala persoalan yang terjadi dalam pengelolaan Dana Desa.

Pihak Kejaksaan Negeri Bireuen akan selalu terbuka ruang bagi aparatur pemeritahan desa untuk berkonsultasi terkait dengan penerapan hukum yang terjadi dalam pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan dana desa secara langsung dan terbuka.

“Sehingga ke depan, pemerintahan gampong dan masyarakat tidak perlu merasa takut dan khawatir bila menemukan kendala terkait pengelolaan dan penggunaan dana desa ini,” katanya.

Melalui program Jaksa Masuk Desa, akan terbuka ruang konsultasi dan pemahaman tentang penerapan hukum dan terhindar dari tindakan melawan hukum.(Jurnalis warga/Irwandi).

BAGIKAN