KABAR BIREUEN-Dua mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, yaitu Akhsani Taqwim dan Nafsul Muthmainnah akan berangkat  ke Jepang, mengikuti program pertukaran pelajar (Student Exchange) selama dua semester atau satu tahun di Universitas Nagoya (NGU) Jepang.

Penglepasan mahasiswi tersebut dilaksanakan di ruang rapat Ampon Chiek Peusangan oleh Wakil Rektor I Umuslim Dr.H.Hambali, SE.,MPd, Sabtu (7/9/2019).

Dia mengharapkan kepada kedua mereka agar dapat menjaga nama baik pribadi, keluarga, kampus dan negara, karena mereka sudah membawa nama negara Indonesia.

“Kita harapkan mahasiswa yang berangkat ke luar negeri, bisa mengambil banyak manfaat dari  sistem yang pembelajaran yang mereka ikuti,” katanya.

Sehingga, sebutnya, nantinya bisa berbagi pengalaman dengan kawan yang tidak berangkat.

Kabag Hunas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli, M.Kom menyebutkan, keduanya akan terbang ke negara matahari terbit Jepang pada Minggu (8/9/2019) via Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

“Kedua mahasiswi itu akan mengikuti program pertukaran pelajar (Student Exchange) selama dua semester atau satu tahun di Universitas Nagoya Jepang (Nagoya Gakuin University) Jepang,” sebut Zulkifli.

Terjalinnya program ini, jelas Zulkifli,  setelah beberapa tahun lalu Rektor Umuslim.Dr.H.amiruddin Idris, SE.,MSi menandatangani perjanjian kerjasama dengan NGU Jepang.

Akhsani Taqwim (19) bertempat tinggal di Matang Nibong, Kecamatan Jeunieb, sekarang duduk di semester lima program studi Hubungan International FISIP.

Satu lagi Nafsul Muthmainnah (20), mahasiswi prodi Bahasa Inggris FKIP juga duduk di semester lima, Nafsul berasal dari Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen.

Keberangkatan kedua mereka  merupakan angkatan ketiga mahasiswa Umuslim yang belajar  di NGU Jepang.

“Pada Oktober 2019 ini, akan datang lagi mahasiswa Jepang ke Umuslim,” ujarnya.

Acara penglepasan dihadiri Direktur Hubungan Internasional Umuslim, Drs.Nurdin Abdul Rahman, MSi, Dekan dan juga orang tua dari kedua mahasiswa. (Ihkwati)

 

BAGIKAN