KABAR BIREUEN– Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh yang dipimpin Ustad H. M. Fadhil Rahmi, LC menggelar Training Of Trainer (TOT) bekerjasama dengan Pemkab Aceh Tengah melalui Baitul Mal di Islamic Center Masjid Agung (ICMA) lama Takengon, Sabtu (1/12/2018).

Kepala Baitul Mal Aceh Tengah Drs. Ridwan Qari mengatakan Pelatihan Tahsin Al-Qur’an Metode Aswat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para Imam rawatib Masjid Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah.

Terutama pemahaman tentang pembacaan Al-Qur’an yang terdiri dari mahrajul huruf dan tajwid.

Pelatihan Tahsin Al-Qur’an Metode Aswat Tahap pertama akan berlangsung di dua tempat, untuk para Imam Masjid berpusat di komplek Masjid Agung Ruhama Aceh Tengah.

Sedangkan untuk Guru TPA/TPQ di kecamatan masing- masing yang dilakukan secara terjadwal dari 1-24 Desember 2018.

Peserta pelatihan terbagi dua diantaranya Imam Masjid yang di utus langsung dari masing masing pengurus masjid di Aceh Tengah berjumlah 40 peserta.

Dari unsur Guru TPA/TPQ berjumlah 280 orang dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah yang langsung berkordinasi dengan pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak Kanak Alquran (LPPTKA) Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati yang diwakili  Sekda Aceh Tengah, Karimansyah, I.SE.MM dalam sambutannya mengatakan, masih banyak para imam rawatib masjid standar, belum maksimal.

“Sehingga perlu diadakan pelatihan seperti ini, kami sangat berterima kasih atas upaya upaya peningkatan kualitas bacaan imam, terutama rawatib,” sebutnya.

Dia menambahkan, imam itu memiliki peran strategis dalam memakmurkan masjid, itu bisa dilihat kalau pelaksanan tataperibadatanya bagus maka jamaahnya akan tertarik untuk sholat berjamaah. Imam merupakan kunci kemakmuran mesjid.

“Kami juga berharap kepada peserta agar benar benar dapat memanfaatkan peluang ini.  Mari kita manfaatkan momentum ini sebaik- baiknya, karena kunci sukses belajar itu jangan pernah merasa bahwa kita sudah bisa,” pungkasnya.

Ustad H. M. Fadhil Rahmi, LC selaku ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) mengharapkan kepada  Bupati agar dapat memperbanyak putra – putri terbaik nya bisa belajar ke Timur Tengah. (Rahmat T Geurugok)

BAGIKAN