KABAR BIREUEN – Dari 2080 peserta tes CPNS yang sudah mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) di Bireuen, hingga hari kelima, Rabu (31/10/2018) sore, baru 14 orang lulus passing grade atau mencukupi nilainya. Semuanya dari Formasi Tenaga Kesehatan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Bireuen, Fazakkir, S.Sos kepada Kabar Bireuen, Rabu (31/10/2018) sore di lokasi ujian CAT, Sekolah Sukma Bangsa Bireuen, Cot Keutapang.

Jumlah peserta tes CPNS di Bireuen, sebut Fazakkir, mencapai 4228 peserta. Yang telah mengikuti ujian CAT sebanyak 2080 peserta dan tidak hadir 57 orang.

Dikatakannya, tes CAT meliputi seleksi kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelengensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Sebanyak 13 pserta CPNS yang lulus CAT tersebut semuanya dari formasi Tenaga  Kesehatan. Hingga kini, belum ada yang lulus dari formasi tenaga guru. Sedangkan dari Tenaga Kesehatan yang lulus yaitu Dokter Umum, Farmasi serta Nutrisionis (gizi). Passing grade yang telah ditetapkan yaitu, TWK 95, TIU 80 dan TKP143,” sebut Fazakkir.

Ujian CAT CPNS 2018 di Kabupaten Bireuen berlangsung sampai 6 November 2018.

Untuk diketahui, kuota CPNS di Kabupaten Bireuen sebanyak 336 orang. Untuk formasi Honorer Kategori II (K-2) sebanyak 14 orang. Terdiri dari 6 orang tenaga guru. Paling rendah S-1 sebelum November 2013, dengan Unit kerja Sekolah Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan.

Sedangkan untuk Tenaga Kesehatan sebanyak 8 orang. Paling rendah D-III (Diploma) Bidang Kesehatan sebelum November 2013, dengan Unit Kerja Puskesmas di Lingkungan Dinas Kesehatan.

Sementara untuk Formasi Umum, tenaga guru sebanyak 220 orang. Dengan rincian, 120 orang Guru Kelas Ahli Pertama (S1-PGSD), Guru Agama Islam Ahli Pertama 22 orang (S-1 PAI), Guru Penjas Ahli Pertama 51 orang, (S1 Pendidikan Penjas dan Kesehatan), Guru Bahasa Indonesia Ahli Pertama 12 orang (S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) dan Guru Seni Budaya Ahli Pertama 15 orang (S-1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik).

Tenaga Kesehatan 94 orang. Rinciannya, Dokter Ahli Pertama 17 orang, (Dokter Umum), Dokter Gigi Ahli Pertama 18 orang, (Dokter Gigi), Dokter Gigi Spesialis Orthodotian Ahli Pertama satu orang, (Dokter Spesialis Orthodonti), Perawat Gigi Terampil 17 orang, (D-III Perawatan Gigi).

Perawat Ahli Pertama 7 orang, (S-1 keperawatan+ Ners), Apoteker Ahli Pertama 3 orang, (S-1 Farmasi+Apoteker), Assisten Apoteker Terampil 17 orang, (D-III Farmasi) dan Nutrisionis Terampil 14 orang (D-III Gizi).

Sementara Tenaga Teknis 8 orang, yaitu Auditor Ahli Pertama 5 orang, ( S-1 Akutansi), Analis Hukum 2 orang (S-1 Ilmu Hukum Tata Negara) dan Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama 1 orang (S-1 Ilmu Komunikasi).  (Ihkwati)

 

BAGIKAN