KABAR BIREUEN – Guru Matematika SDN 4 Bireuen mengikuti sosialisasi serta pendampingan pembuatan alat peraga matematika  dan aplikasi pembelajaran oleh  beberapa dosen dari Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, 15 -18 Juli 2019 di sekolah setempat.

Ketua Tim Pelatihan Husnidar, M. Pd,  menyebutkan, program pelatihan dan pedampingan ini beranggotakan  Rahmi Hayati M. Pd dan Tuti liana, M. Pd merupakan program pengabdian masyarakat yang didanai Kemenristekdikti tahun 2019.

Tujuan kegiatan tersebut, katanya, untuk memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran serta meminimalisir fobia terhadap mata pelajaran matematika pada diri siswa di Sekolah khususnya SD Negeri 4 Bireuen.

“Seperti diketahui fobia matematika merupakan rasa tidak suka terhadap matematika yang berlebihan yang membuat anak malas mengenal matematika, penyebab hal tersebut biasanya dari pengalaman belajar matematika yang kurang menyenangkan atau mungkin cara mengajar guru yang sulit diikuti oleh siswa,” jelas Husnidar.

Itulah tujuan program pengabdian yang yang mereka laksanakan ini, untuk mensosisialisasikan dan pedampingan cara memaksimalkan pembelajaran matematika dengan penggunaan alat peraga.

“Harapan kita melalui pelatihan ini diharapkan penyerapan mata pelajaran (mapel) matematika kedepan lebih baik dan menyenangkan terutama dikalangan murid sekolah dasar,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SDN 4 Bireuen, Beti Ibo Haryati, S. Pd menyambut baik kegiatan ini dan mengimbau kepada guru  agar dapat mengikuti kegiatan ini seacra serius, sehingga nantinya menjadi referensi dan pada guru lain dalam penerapan mengajar lebih inovatif.(Ihkwati)

BAGIKAN