RSUD dr Fauziah Bireuen

KABAR BIREUENRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen berhasil meraih status tingkat paripurna dengan rating bintang lima, berdasarkan hasil penilaian tim survei akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebelumnya, tim survey akreditasi rumah sakit melakukan penilaian terhadap pelayanan dan manajemen rumah sakit plat merah itu pada  14-16 Desember 2017 lalu.

Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen, dr. Mukhtar, MARS kepada wartawan, Kamis (4/1/2018) membenarkan rumah sakit yang dipimpinnya itu berhasil memperoleh tingkat paripurna bintang lima.

Dikatakan Mukhtar, raihan tingkat paripurna tersebut berdasarkan penilaian tim survey akreditasi terhadap peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Selain itu, juga penilaian standar akreditasi internasional Joint Commission International (JCI), standar yang dibuat agar pelayanan kesehatan rumah sakit lebih baik.

Predikat lulus tingkat paripurna rating bintang lima ini, sebutnya, adalah standar yang dibuat agar pelayanan kesehatan rumah sakit lebih baik, sehingga kita berhasil meraih penilaian di atas 80 persen rata-rata.

“Alhamdullilah kita berhasil meraih penilaian paripuna rating bintang lima. Ini semua berkat kerja keras pelayanan pegawai dan para dokter selama ini. Nantinya tim turun mengevaluasi kembali selama tiga tahun berturut-turut,” jelasnya.

Menurut Mukhtar, ada 16 item dari 3 kategori penilaian, meliputi manajemen, keselamatan pasien serta pelayanan yang dilakukan selama ini, menjadi fokus utama tim survei akreditasi Kemenkes RI.

“Ke depan kita juga akan memproritaskan pelayanan, kebutuhan alat sarana dan prasarana pendukung yang lebih baik. Saya yakin dengan dukungan semua pihak, SDM yang kita miliki serta tenaga dokter yang selama ini sangat membantu, maka rumah sakit Bireuen akan lebih baik lagi,” harapnya.

Dari hasil penilaian tim survey akreditasi rumah sakit di Aceh, selain Bireuen, rumah sakit lainnya meraih tingkat paripurna bintang lima adalah Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh (RSUDZA), Rumah Sakit Meuraksa Banda Aceh, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh, Rumah  Sakit Iskandar Muda dan Rumah Sakit Jiwa di Banda Aceh. Sementara beberapa rumah sakit lainnya di Aceh, belum memenuhi kriteria tersebut dan hanya meraih predikat di bawah paripurna. (Ihkwati)

 

BAGIKAN