Peringatan Hari Ginjal sedunia di Pantai kuala Raja, Bireuen

KABAR BIREUEN– Unit Hemodialisis RSUD Dr Fauziah Bireuen, bersama RSU Cut Meutia Aceh Utara dan RS Arun Lhokseumawe, memperingati Hari Ginjal Sedunia, Kegiatan dengan tema “Ginjal dan Kesehatan Wanita, berlangsung di Pantai Kuala Raja Bireuen, Minggu (11/3/2018).

Kegiatan dihadiri Bupati Bireuen diwakili oleh Assisten I Setdakab Bireuen, Mursyid, SP mewakili Wakil ketua DPRK Muhammad Arief, Forkopimda, Assisten II Setdakab Bireuen, Forkopimcam Kecamatan Kuala, Perangkat Gampong dan undangan laiinnya.

Pada kesempatan itu Bupati Bireuen melalui Assisten I Setdakab Bireuen, Mursyid, SP mengharapkan, dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan penyakit ginjal sejak dini.

Selain itu, meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama pada wanita untuk rutin melakukan pemeriksaan ginjalnya.

lalu Peningkatan pelayanan pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil untuk mendiagnosa secara tepat resiko terjadi reklamasi yang akhirnya menyebabkan penyakit ginjal, meningkatkan pengetahuan tentang resiko infeksi ginjal sehingga bisa ditangani dengan tepat.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Fauziah Bireuen, dr. Mukhtar, MARS berharap, masyarakat bisa sadar untuk menjaga kesehatan ginjal, misalnya dengan mengatur pola konsumsi dan rajin olahraga seperti pagi hari ini.

Sebelumnya, Panitia pelaksana, dr Era Muliana, Sp. PD (M.Ked) PD. FINASIM melaporkan, tujuan kegiatan ini, yaitu untuk memberikan edukasi serta meningkatkan pemahaman, mengenai resiko penyakit ginjal pada wanita, kepada pasien dan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Diharapkan mereka menjadi perpanjangan tangan dokter untuk menyampaikan cara pencegahan penyakit-penyakit ginjal dan kesehatan pada wanita dan cara mempertahankan pola hidup sehat.

Kegiatan ini dirangkai dengan berbagai kegiatan diantaranya Ceramah Awam oleh, dr Rahmawati A.Latif, Sp.PD,KGH, FINASIM, Ceramah Agama oleh Ustadz Moch. Hatta, Lc, MA, jelas Era Muliana. (Herman Suesilo).

 

 

 

 

BAGIKAN