KABAR BIREUEN-Harga daging sapi yang ditawarkan para pedagang pada hari meugang menyambut hari raya Idul Adha tahun ini, di pasar Matangglumpangdua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Selasa pagi tadi (21/8/2018) rata-rata antara Rp 160 ribu hingga 170 ribu per kilogram (kg).

Seperti biasa, pelaksanaan hari meugang ditadai kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi dalam jumlah besar oleh para pedagang untuk memenuhi permintaan daging meugang yang melonjak drastis.

Hari meugang (penyembelihan) menjelang bulan puasa, Idul Fitri dan Idul Adha bagi masyarakat di Aceh sudah menjadi tradisi sejak dulu.

Salah satu pedagang Banta Johan (42) warga Gampong Cot Panjoe Peusangan kepada wartawan mengatakan, harga daging sapi Simental yang dijualnya seharga Rp 160 ribu per-kilo.

Sementara itu, tulangan sapi tersebut dijual Rp 80 ribu/kg, dan isi dalam 50 ribu/kg serta kepala sapi dijual Rp 1,2 juta persatu kepala.

“Harga Sapi Simental perekor bekisar Rp 36 juta, dengan bobot isi diperkirakan mencapai 230 kg,” rincinya.

Salah satu warga Blang Asan Peusangan, Wardaniati Alamsyah (48) mengakui, harga daging sapi pada hari meugang Idul Adha tahun ini masih mahal, bila dibandingkan hari-hari biasa.

Informasi diperoleh Kabar Bireuen dari beberapa pedagang di matangglumpangdua.

Harga daging yang sedikit tinggi, menurut pedagang dikarenakan harga ternak sapi yang mereka beli juga masih sangat mahal. (Herman Suesilo)

BAGIKAN