Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan , mengadakan Sosialisasi tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. di Oproom Kantor Pusat pemerintah Kabupaten Bireuen

KABAR BIREUEN-Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan , mengadakan Sosialisasi tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Sosialisasi yang diikuti sekitar 100 peserta, dibuka secara resmi oleh Bupati Bireuen H. Saifannur, S.Sos, di Oproom Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Kamis, (12/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Komponen Cadangan, Pothan Kemenhan RI, Brigjen TNI Amad Sugiyono, SE, M.M, Kasubdit Matra Laut Ditkomcad Ditjen Pothan Kemhan, Kol ( L ) Mekky Mukarrom Santoso , S.M, Kasi Bin Subdit Matra Laut Ditkomcad Ditjen Pothan Kemhan, Letkol Laut ( KH ) Drs. Kusno.

Kasi ren. Anev Subdit Matra Laut Ditkomcad Ditjen Pothan Kemhan, Letkol Laut ( KH ) Supriono S.E, Setdakab Bireuen, Ir. Zulkifli, ST,  Forkopimda, Setdakab Bireuen, Ir. Zulkifli, ST, Kakesbangpol Kab. Bireuen, Zaldi AP, SSTP.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada Lingkungan Pemda dan Karyawan Swasta di Bireuen Tahun 2018, bersama narasumber, Prof. DKS. Nugroho dari UI.

Pada kesempatan itu,  Saifannur dalam sambutannya mengatakan, pertahanan negara merupakan faktor yang sangat hakiki dalam menjamin kelangsungan hidup suatu negara.

Menghadapi tantangan d imasa depan, potensi ancaman militer dan non militer masih mungkin terjadi untuk Indonesia.

Untuk membangun ketahanan nasional setidaknya ada tiga pilar yang harus saling terkait, yaitu pemerintah, rakyat dan militer, ketiganya dijalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah negara.

Untuk menjadi negara yang kuat, prasyarat utamanya adalah kemampuan negara untuk menata, menyiapkan, dan menggunakan segala sumber daya yang dimiliki untuk kepentingan nasional.

“Melalui kegiatan ini hendaknya dapat menjadi momentum bagi kita agar terus meningkatkan sumberdaya manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk membangun ketahanan bangsa sehingga Indonesia menjadi negara yang aman dan makmur yang disegani oleh bangsa lain,” harapnya.

Sebelumnya, Direktur Komponen Cadangan, Pothan Kemenhan RI, Brigjen TNI Amad Sugiyono, SE, M.M, membacakan amanat tertulis Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, Prof.Dr.Ir, Bondan Tiara Sofyan M.S.I menjelaskan,  kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Pertahanan Semesta kepada peserta mengenai konsep Sumber Daya Nasional melalui kajian konsep politik dan hukum, arus globalisasi membawa perubahan yang semakin cepat apabila kita tidak bisa mengikuti akan tergerus oleh jaman

Untuk itu pertahanan negara membutuhkan langkah-langkah antisipasi, karena Bela Negara merupakan hak dan kewajiban warga Negara seperti yang diamanatkan pasal 27 dan 30 UUD 1945.

“Kita harus bekerja keras sesuai profesi masing-masing dan sebagai abdi negara berbuat yang terbaik, rela berkorban demi kecintaannya kepada bangsa dan negara,” sebutnya.

Diharapkan dari peserta sosialisasi ini dapan memberikan masukan maupun saran guna menyempurnakan RUU tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. (Herman Suesilo)

 

 

BAGIKAN