KABAR BIREUEN– Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Gampong Matang Teungoh Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen Tahun 2018 digelar Selasa (27/3/2018) di Meunasah gampong setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri puluhan warga yang didominasi oleh para ibu-ibu terutama para penggerak PKK.

Acara dimulai pukul 09.00- 12.00 WIB, yang dibuka Camat Jeunieb, Drs. Jalaluddin, M. Si, yang dalam sambutannya pada pembukaan acara mengatakan bahwa fasilitas yang dibangun dengan dana desa itu harus dijaga kebersihannya jangan terbengkalai.

Keuchik Matang Teungoh, Mahdi mengatakan, MMD Gampong Matang Teungoh tahun ini dihadiri oleh Camat Jeunieb, Danramil Jeunieb, Kepala Puskesmas Jeunieb serta unsur Muspika lainnya.

Musyawarah itu untuk memberikan pencerahan dan sosialisasi kepada warga pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari berbagai wabah penyakit.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan Jeunieb Ners. Kafrawi, S. Kep. M. Kep dihadapan warga mengatakan, pihaknya selaku perpanjangan tangan pemerintah di bidang kesehatan wajib memberikan pelayanan dan penyuluhan terhadap kerentanan penyakit.

Terutama kebersihan fasilitas umum yang ada digampong sangat rentan terinfeksi penyakit kulit, malaria bahkan DBD.

“Jika masih bisa kita cegah kenapa harus diobati, maka cegahlah penyakit dengan menjaga kebersihan lingkungan,” kata pria yang akrab disapa manteri Kafrawi ini.

Dipenghujung acara, Danramil Jeunieb Kap. Inf. Ali Akbar berpesan kepada seluruh masyarakat gampong agar menjaga kebersihan lingkungan ini bukan sekedar acara seremonial saja.

“Tetapi harus menjadi tanggung jawab  kita selaku masyarakat yang beragama dan berbangsa, jangan kalah sama binatang candanya, lihat saja kucing, dimanapun mereka buang hajat tetap mereka sembunyikan, kucing saja kotoran nya ditanam apa lagi manusia,” kelakar Danramil yang diselingi riuh tepuk tangan warga.

Acara berjalan lancar dan ditutup dengan doa oleh Salah satu tokoh agama setempat. (Jurnalis Warga/Al Fadhal)

BAGIKAN