KABAR BIREUEN-Festival lomba antar santri Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb atau lebih dikenal dengan Nama Dayah Multimedia Aceh Pimpinan Tgk H. Muhammad Yusuf A Wahab sapaan akrabnya Tu Sop dibuka secara simbolis pada Jumat, (13/09/2019) malam.

Acara yang bertajuk Gema Muharram itu memperlombakan sejumlah aneka lomba tingkat Tsanawiyah dan Aliyah yang di ikuti oleh 177 peserta.

Hal ini disampaikan oleh Mudir I atau Ketua Umum Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Tgk Ihsan M. Ja’far melalui pesan whatsapp menyebutkan, Gema Muharram Musabaqah Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb merupakan kegiatan pengembangan kreatifitas dan semangat aktivitas belajar santri disetiap event rutin tahunan setelah ujian akhir semester.

“Gema Muharram 1441 H malam ini secara resmi dinyatakan dibuka oleh Sekretaris Umum Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Tgk. Zulkarnaen Isba mewakili Pimpinan, digelar selama 7 hari,” sebut Tgk Ihsan.

Dia menambahkan semoga event ini dapat melahirkan generasi-generasi terbaik yang mampu bersaing dalam kompetisi yang lebih tinggi, selain itu acara ini juga disiarkan langsung ON AIR di Radio Yadara FM 92.MHz.

“Bagi orang tua wali yang ingin mendengarkan langsung penampilan santri-santri dapat mendengarkan di radio, bagi yang tidak menjangkau bisa mendengarkan melalui aplikasi live streaming Radio Yadara FM silahkan download di Google Play Store,” tutup Tgk Ihsan Mudir Indonesia Dayah Babussalam Al Aziziyah yang juga Ketua Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA).

Sementara itu Ketua Panitia PHBI Gema Muharram Musabaqah Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb Tgk. M. Amin menjelaskan sejumlah agenda lomba yang digelar, diantaranya
Lomba Qira’atul Kutub(baca kitab).

Dengan kategori penilaiannya meliputi penempatan baris yang sesuai ilmu nahu dan saraf, makna/terjemahan, surah atau penjelasan materi dan Isykal (menjawab pertanyaan dewan Hakim). Adapun baca kitab yang diperlombakan, Kitab Al Mahalli, Ianathutthalibin, Al Bajuri dan Matan Taqrib. Sebut Ketua PHBI.

“Selanjutnya, Lomba Hafalan, yaitu hafalan Beit Al Fiyah, Baet Sulam Munaurat (mantiq) Baet Qamsatun Mutun dan Matan Aljurumiah. Kemudian Lomba Pidato tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, Lomba Fahmil Kutub(cerdas cermat) serta lomba Nasyid Grup/Tunggal (umum) dan terakhir lomba Hafiz 1 Juz Al Qur’an (umum). Acara ini di mulai dari 13-20 September 2019,” jelasnya.  (Al Fadhal/Jurnalis Warga)

BAGIKAN