KABAR BIREUEN – Untuk menunjang pelaksanaan pembangunan atau renovasi total Masjid Besar Peusangan (MBP), Badan Kemakmuran Masjid (BKM), Senin (25/3/2019) melakukan penggalangan sumbangan di Kecamatan Peusangan Selatan.

Acara penggalangan sumbangan berlangsung di Aula Kantor Camat Peusangan Selatan, Desa Uteun Gathom.

Ketua BKM Masjid Besar Peusangan, Tgk Anwar Hasan yang akrab disapa Cekwan, hadir ke Peusangan Selatan didampingi Wakil Ketua BKM, Tgk H Munawar Yusuf dan Imum Syiek MBP Tgk Hafidz.

Di Peusangan Selatan, pengurus BKM MBP disambut oleh Sekcam setempat beserta para keuchik dan imum gampong dalam kecamatan tersebut.

Ketua BKM MBP, Tgk Anwar Hasan menyampaikan terima kasih kepada Camat Peusangan Selatan dan jajarannya, serta para keuchik dan imum gampong yang telah bersedia menyambut pengurus BKM masjid kebanggaan masyarakat Peusangan Raya.

Tgk Anwar Hasan menyebutkan, untuk renovasi MBP membutuhkan anggaran Rp 65 milyar yang ditargetkan rampung dalam waktu 5 tahun.

“Kami sangat berterimakasih kepada masyarakat Peusangan Selatan yang telah menyambut dan mendukung pelaksanaan renovasi masjid kebanggaan masyarakat Peusangan Raya. Insya Allah dengan dukungan kaum muslimin, masjid kita dapat selesai tepat waktu,” ungkap Cekwan.

Menurut Cekwan, penggalangan dana ini sudah dilakukan di Kecamatan Jangka dengan menempatkan kotak infaq (calengan) di setiap gampong. “Setelah di sini (Peusangan Selatan), minggu depan akan kami lanjutkan ke Peusangan Siblah Krueng,” tandas Anwar Hasan yang juga anggota DPRK Bireuen dari Partai NasDem.

Pada kesempatan sama, Camat Peusangan Selatan, Salamuddin SPd yang diwakili Sekcam, Rusli dalam sambutan singkatnya menyampaikan, pihaknya sangat mendukung apa yang sedang dilaksanakan BKM MBP.

“Membangun masjid pekerjaan yang sangat mulia. Kami Pemerintah Kecamatan Peusangan Selatan sangat mendukung dan siap mensosialisasikan kepada warga. Kalau bisa kotak infaq tidak hanya 21 buah yang ditempatkan di gampong-gampong, tetapi harus lebih banyak lagi ditempat di warung-warung sekitar,” ujar Sekcam.

Sekcam juga berharap kepada masyarakat Peusangan Raya (Kecamatan Peusangan, Jangka, Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng) baik yang ada di daerah maupun luar daerah ataupun luar negeri dapat sama-sama menjadi donatur pembangunan rumah Allah.

Masjid Besar Peusangan, lanjutnya, pernah menjadi mesjid termegah di Aceh setelah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. “Dan nantinya masjid kita ini harus kembali menjadi yang termegah, menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bireuen umumnya dan masyarakat Peusangan Raya khususnya,” pungkas Sekcam Rusli. (Rizanur)

BAGIKAN