workshop pelatihan pembuatan sebuah film pendek (dokumenter) bagi mahasiswa, Juang Cinema nilai film karya mahasiswa Fikom Umuslim

film karya mahasiswa Fakusltas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan dalam workshop pelatihan pembuatan sebuah film pendek (dokumenter) bagi mahasiswa,  di ruang seminar Ampon Chiek Peusangan, Umuslim, Rabu (13/12/2017) sore.

Kabag Humas Zulkifli,M.Kom menyebutkan, workshop menghadirkan  pemateri pimpinan Juang Cinema dan beberapa kru, selain menilai film hasil karya mahasiswa juga dilakukan edukasi dan perbandingan dengan beberapa film karya sutradara nasional.

Sementara itu, salah seorang tim penilai karya mahasiswa, Rahmat Setiawan, mengatakan, workshop ini  pihaknya hanya  berbagi pengalaman tata cara membuat film yang baik dan benar, mulai dari cara menulis skenario film, materi penyutradaraan dan tentang cara shot pengambilan gambar.

“Sehingga mahasiswa benar-benar dapat membandingkan kualitas dan karya yang mereka buat,” jelas Rahmat Setiawan, yang hasil karyanya pernah meraih peringkat terbaik pada festival film di Malang Jawa Timur

Pihaknya, kata Rahmat, yang didampingi Mawardi Ibrahim, ingin memberikan pengalaman dan edukasi tentang film pada mahasiswa, sehingga mereka memilki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam bidang perfileman dan multi media.

“Harapan kita dengan metode ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa, sehingga terus meningkatkan kreativitasnya, sehingga mereka siap menghadapi tantangan zaman yang begitu cepat, serta mendukung program pemerintah dalam bidang ekonomi kreatif, “ jelas Rahmat Setiawan yang hadir dengan topi senimanya.

Riyadhul Fajri,M.Kom dosen pembimbing mata kuliah yang menugaskan mahasiswa untuk melahirkan karya dalam bentuk film, menjelaskan dengan perkembangan era digital sekarang mahasiswa harus ikut belajar tentang digital, khususnya bidang  film, animasi dan fotografi.

“Kita mengarahkan mahasiswa agar kreatif, salah satu tugas yang kami bebankan kepada mahasiswa untuk ikut berkarya memproduksi film pendek dan animasi. Dalam kegiatan workshop  ini kita mengundang praktisi bidang film dari komunitas film Juang Cinema untuk memberikan berbagai pengalaman, pencerahan dan menilai hasil karya mereka,“ Jelas Riyadhul Fajri. (Ihkwati)

BAGIKAN