KABARBIREUEN – Empat calon Paskibraka Nasional dari Kabupaten Bireuen menjalani pemantapan di Kantor Pusat Pemkab Bireuen. Dua diantaranya akan ditetapkan mewakili Bireuen ke seleksi Paskibraka Nasional tingkat Provinsi Aceh.

Mereka yaitu Mounttie Surga dari SMA Sukma Bangsa dan Muhammad Nazar dari SMAN 1 Peusangan (putra) serta Anya Regina Putri dan Indrian Puspita, keduanya dari SMAN 1 Bireuen (putri).

Ke empatnya hasil seleksi dari 291 peserta perwakilan dari SMA, SMK dan MA se Kabupaten Bireuen yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bireuen di GOR Geulumpang Payong, Jeumpa, Rabu – Kamis (20-21/2/2019).

Kadis Dikpora Kabupaten Bireuen Muhammad Nasir melalui Kabid Pora M Usdami, Minggu (24/2/2019) mengatakan pemantapan selama 20 hari diasuh instruktur Mulya Saputra dan instruktur lainnya.

“Satu putra dan satu putri nantinya mewakili Kabupaten Bireuen akan bersaing dengan wakil dari 23 kabupaten kota yang direncanakan April 2019 di Banda Aceh,” terangnya.

Usdami mengatakan selain pemantapan Paskibra, kepada mereka dibekali dengan peningkatan dan pemantapan pengetahuan dan wawasan bidang lainnya seperti bidang budaya, agama dan ilmu komunikasi dan jurnalistik dasar.

“Harapan mereka bukan hanya terampil dalam pengetahuan dan praktik Paskibra, tetapi juga memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai dalam hal lainnya, semoga ada siswa Kabupaten Bireuen terpilih ke Jakarta,” ucapnya.

Dijelaskan, tahap awal seleksi menetapkan 50 orang putra putri. Empat dari mereka terpilih menjalani pemantapan untuk memilih dua orang sebagai calon Paskibraka Nasional mewakili Bireuen ke seleksi tingkat provinsi.

Selebihnya dipersiapkan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Bireuen pada HUT RI tahun 2019 yang nantinya menjadi wewenang penuh bagian Kesra Setdakab Bireuen. (Desta Fauziana)

BAGIKAN