KABAR BIREUEN-Dewan Pimpina Wilayah Gema Aneuk Muda Nanggroe Aceh  (DPD Gamna) Bireuen mendukung wacana Pemerintah Aceh melegalkan poligami di Aceh.

Hal itu dikatakan Ketua Ketua DPW Gamna Bireuen, Azhari, Sabtu (6/7/2019), yang menyebutkan,  setiap yang disuarakan akan ada hikmah dalam masyarakat, untuk mengatasi masalah maka perlu solusinya.

“Soal ditolak silahkan, tapi kenyataan dalam masyarakat perlu solusi, inilah saatnya Aceh menenyikapi persoalan dalam masyarakat,” ujar Azhari.

Ketua Gamna Bireuen itu, menyatakan Inilah yang dimaksud selama ini sering menulis di Facebook masalah poligami agar kaum perempuan terselamatkan dari godaan yang yang merugikan secara fakta hukum keluarga.

Karena, katanya, banyak oknum yang menikah siri, hak dan kewajiban  ditelantarkan hingga kasus demi kasus masalah selalu bertambah.

“Demi terselamatkan dari oknum yang hanya melampiasan nafsunya saja dan juga menjaga harkat anak dan keluarga yang utuh dalam membina keluarga Samawa, maka melegalkan poligami adalah solusi,” jelasnya.

Walaupun selama ini, tambah Azhari, belum bisa ditindak dengan hukum atas kasus-kasus dalam masyarakat namun untuk perubahan dari permasalahan maka harus segera disahkan Qanun Aceh tentang Legal Poligami dengan syarat yang kuat disebutkan dalam pasal per pasalnya.

“Agar  kita atasi masalah dengan tidak menambah masalah dan juga bisa kita contoh negara-negara yang sudah melegalkan poligami. Semoga legalnya poligami di ini bukan sekedar pembicaraan Pemerintah Aceh tapi perlu serius dan benar-benar dijalankan. Hingga Aceh jadi pedoma bagi seluruh Indonesia dalam mengatasi persoalan nikah siri,” pungkas  mahasiswa Hukum Keluarga Islam Pasca sarjana IAIN Lhokseumawe.(Ihkwati)

BAGIKAN