DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia ( PERSAGI) Kabupaten Bireuen, gelar Konsultasi gizi, Penilaian status gizi, Distribusi buah dan sayur untuk masyarakat secara gratis dalam rangka Hari Gizi ke-58

KABAR BIREUEN– DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia ( PERSAGI) Kabupaten Bireuen, gelar Konsultasi gizi, Penilaian status gizi, Distribusi buah dan sayur untuk masyarakat secara gratis.

Kegiatan ini, dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-58, Minggu (25/2/2018) pagi, di halaman Pendopo Bupati setempat.

Kegiatan dengan tema “Menjalin Keakraban Dengan Ahli Gizi Menuju Masyarakat Bireuen Yang Sehat Dan Berprestasi” dilaksanakan dibuka secara resmi oleh Bupati Bireuen, diwakili, Staf Ahli Bupati, Ir. M. Jafar, MM.

Pada kesempatan itu, M. Jafar, membacakan sambutan tertulis Bupati Bireuen, dalam inti sambutanya menyampaikan, Permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular ini harus segera diselesaikan.

“Jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang terutama kepala Dinas Kesehatan dan seluruh kepala Puskesmas, agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan tersebut. Membiasakan hidup sehat dengan makan sayur dan buah sesuai kebutuhan.Dengan profesi gizi diperlukan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat ke depan,” sebutnya

Peringatan Hari gizi nasional ini, merupakan momentum untuk menemukan kembali komitmen menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya asupan gizi yang cukup.

Dengan adanya peringatan Hari gizi nasional ini dapat menyadarkan kita pentingnya kebutuhan gizi yang cukup dan seimbang selain mengatasi masalah kekurangan gizi permasalahan gizi lainnya seperti stunting kelebihan berat badan, penyakit degeneratif (kolesterol, asam urat dan intensi) juga membutuhkan peran ahli gizi.

Peringatan HGN yang dilaksanakan DPC Persagi Kabupaten Bireuen, merupakan salah satu bentuk promosi gizi dan konsultasi gizi kepada masyarakat dengan demikian masyarakat Bireuen dapat memperoleh informasi gizi, sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Pengurus DPD Persagi Aceh, Junaidi SST. M.Kes, mengajak Pemerinta Kabupaten Bireuen, untuk saling bersinergi terkait dengan menanggulangi masalah gizi.

Selain itu, Junaidi mengharapkan Pemerintah Bireuen, mau mengontrak tenaga gizi non PNS untuk ditempatkan di puskesman-puskesmas, dengan tujuan dapat memerikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Ketua DPC Persagi Kabupaten Bireuen, Nana Diana S.K.M mengatakan, tujuan dari peringatan Hari Gizi Nasional yaitu, memperkenalkan peran ahli gizi kepada lintas sektor dan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ilmu gizi.

Menjalin keakraban antara ahli gizi dengan masyarakat Bireuen, upaya memperoleh nilai satuan kredit profesi gizi (SKP) atau yang dibutuhkan untuk perpanjangan STR bagian fungsional umum sesuai dengan profesi.

“Terima kasih diucapkan kepada seluruh unsur elemen sehingga pelaksanaan acara ini berjalan dengan sukses,” ujar Nana Diana. (Herman Suesilo).

BAGIKAN