KABAR BIREUEN-Dosen senior IAI Al-Aziziyah Samalanga kembali meraih doktor di bidang dakwah di UIN Sumatera Utara dalam sidang tertutup disertasi di Ruang Pascasarjana universitas setempat, Kamis, 4 Januari 2019.

“Allhamdulillah, akhirnya hari ini berhasil meraih doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang tertutup disertasi program doktor ruang sidang Pascasarjana UINSU Medan,” kata Tgk. Muttaqien dengan ungkapan ceria dan bahagia sesaat setelah  sidang digelar.

Alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga kelahiran Bagok, Aceh Timur itu menyebutkan disertasinya berjudul “Etika Komunikasi Dalam Kitab Ihya Ulum Al-Din Karya Imam Al-Ghazali (Studi Terhadap Aspek Etik Transendental dan Interpersonal) berlangsung alot dan banyak pertanyaan yang diajukan oleh penguji yang harus sangat hati-hati menjawabnya.

“Sidang disertasi berlangsung alot yang dengan Ketua Sidang Dr. Ahyar Zain, MA
dan Sekretaris Dr. Ahmad Thamrin Sikumbang, MA,” sebutagamawan muda yang juga guru senior Dayah Nurur Rasyad Al-Aziziyah (NURA) Tijue, Sigli itu.

Sementara para penguji, katanya, terdiri dari beberapa dosen senior diantaranya Prof. Dr. Syukur Kholil, MA, Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA termasuk penguji external dari pakar Komunikasi USU Dr. Iskandar Zulkarnain, M. Sc. Lanjut

Selanjutnya, sosok murah senyum berkacamata itu sangat berterima kasih kepada semua pihak baik di UINSU maupun guru dan dosen serta kawan di IAI Al-Aziziyah Samalanga, Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga dan Dayah Nurul Rasyad Al-Aziziyah Tijue serta teristimewa keluarga dan orang tua yang telah membantu sehingga mampu menyelesaikan jenjang doktoral ini.

“Terima kasih kepada semuanya yang tidak mungkin disebutkan satu persatu dan sangat berharap kepada mereka yang sedang dan akan menyelesaikan doktoral semoga dapat segera merampungkan disertasinya meraih impian.

Dia juga berharap ilmu yang didapatkannya bisa bermamfaat demi kemajuan lembaga kita, ” pinta Wakil Dekan Dakwah dan Komunikasi IAI Al-Aziziyah Samalanga itu.

Sementara itu Dr. Tgk. Riandi Syafri, MA selaku Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga sangat terharu dan prestasi yang dicapai salah seorang dosen muda ini menambah daftar doktor di IAI Al-Aziziyah Samalanga.

”Alhamdulillah, IAI Al-aziziyah Samalanga hari ini bertambah lagi doktor di lembaga pendidikan kita dan hendaknya capaian ini menjadi sugesti kepada mereka yang belum merampungkan disertasinya dan terus berjuang sehingga doktor bisa terus bertambah di Institut kita,” harap cendekiawan muda yang juga guru senior Dayah Jami’ah Al-aziziyah (DJA) Batee Iliek itu (Helmi Abu Bakar/Jurnalis Warga)

BAGIKAN