KABAR BIREUEN-Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A Gani, SH., M.Si. secara resmi membuka kegiatan Pertemuan Revitalisasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM).

Kegiatan TPKJM yang digelar Dinas Kesehatan Bireuen itu berlangsung di Oproom Kantor Pusat Pemerintahan Bireuen, Selasa (13/11/2018).

Pada kesempatan itu Muzakkar A Gani mengatakan, kunci sukses dalam pembangunan kesehatan kedepan sangat ditentukan oleh adanya komitmen dari semua pihak baik dari lingkungan eksekutif, legislatif maupun dari masyarakat termasuk swasta.

“Oleh sebab itu, agar apa yang kita lakukan nantinya tidak sia-sia, maka komitmen yang kuat harus terus dibangun, begitu juga sinergi dengan pihak-pihak yang terkait,” sebutnya.

Wakil Bupati yakin, kalau hal ini bisa dilakukan, maka pada saatnya nanti permasalahan kesehatan jiwa akan semakin berkurang.

Dengan pertemuan ini, katanya, bisa tersusun draf struktur pengurus TPKJM Kabupaten Bireuen tahun 2018 dan tim nantinya bisa membuat rencana tindak lanjut dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat.

Melalui kerjasama dengan beberapa NGO dan LSM, TPKJM Bireuen melakukan berbagai kegiatan antara lain pertemuan rutin setiap pokja di TPKJM. Selain itu, pembentukan protap pelayanan kesehatan jiwa Bireuen serta pembentukan call center.

“Pemerintah sangat mengharapkan komitmen kita semua untuk tetap memikirkan tugas dan tanggung jawab kita sebagai anggota tim. Semoga kegiatan ini bisa melahirkan rumusan yang lebih komprehensif agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bireuen bisa lebih ditingkatkan,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, dr.Amir Addani, M.Kes, melaporkan, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan jiwa di Kabupaten Bireuen.

“Kegiatan yang diikuti puluhan peserta, menghadirkan dua orang narasumber yaitu, dr Juwita SpKJ dan dr Muhammad Hamidy SpKJ,” jelas Amir Addani.

Dengan kegiatan ini dr.Amir Addani, berharap tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat yang terdiri lintas sektor terkait dipemerintahan Kabupaten Bireuen yang terbentuk beberapa waktu lalu, dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang tertuang dalam SK Bupati tentang TPKJM.

“Untuk ke depan, pertemuan tim TPKJM ini rutin kita laksanakan,” pungkas Amir Addani. (Herman Suesilo)

BAGIKAN