KABAR BIREUEN-Tim Penggerak PKK Gampong mempunyai tugas membantu Pemerintah Gampong dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Menggali, menggerakkan dan pengembangan potensi masyarakat khususnya keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hal itu disampaikan Plt. TP PKK Bireuen Hj Nurjannah Ali SE MM dalam inti arahannya pada acara Pelantikan Ketua TP PKK Gampong dan Pengukuhan Bunda Paud Gampong se Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen.

Pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan dilakukan oleh Ketua Ketua TP PKK Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, Dr Endah Cahya Sufiany, di Aula Kecamatan setempat, Selasa (9/4/2019) sore,

Dihadiri oleh, Ibu Bupati Bireuen, Plt Ketua TP PKK Kabupaten Bireuen beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Bireuen, unsur Disdikpora Bireuen.

Kemudian, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Peusangan, Unsur UPTD Pendidikan Kecamatan, Ketua TP PKK Kecamatan kuala para Bunda Paud Gampong, Perwakilan PKK Gampong dalam Kecamatan Kuala dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Plt TP PKK Bireuen ini juga berharap, Ketua Tim Penggerak PKK Gampong yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas yang merupakan aspirasi masyarakat dengan baik senantiasa bekerja sama dengan semua perangkatpemerintah gampong yang ada dan juga dengan seluruh masyarakat.

“Jabatan saudari merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan untuk menata dan memajukan gampong serta senantiasa membangun kemitraan bersama semua pihak,” pesannya.

Kepada Ketua TP PKK Gampong juga diharapkan agar terus membina para Kader, Kelompok-kelompok PKK, serta masyarakat luas agar terus bersemangat. berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.

Nurjannah menjelaskan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia  enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan Anak Usia Dini bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah dan lembaga Paud saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua harus bersama-sama berperan aktf menyukseskan pedidikan anak usia dini.

Sebelumnya Pembina TP Kecamatan Kuala Mirza Fahmi, SSTP mengatakan, pelantikan Ketua PKK Gampong dan Bunda PAUD Gampong pada hari ini adalah tuntutan dari pemerintah.

Ketua PKK Gampong harus berperan aktif untuk membangun gampong  masing-masing untuk lebih maju.

Demikian juga dengan Bunda Paud, salah satu yang tertuang dalam undang-undang negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sejak usia dini.

Para keuchik gampong dan unsur lembaga gampong supaya memberi dukungan sepenuhnya supaya kegiatan-kegiatan di gampong  dalam wilayah Kecamatan Kuala berjalan sebagaimana semestinya seperti yang kita harapkan.

“Kepada Ketua TP PKK Gampong dan para Bunda Paud Gampong yang baru dilantik, semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baikmya semoga amanah ini bisa diemban dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Mirza Fahmi. (Herman Suesilo)

BAGIKAN