KABAR BIREUEN- Wakil Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani,SH.,M,Si menghadiri pengumuman dan penyerahan hadiah lomba karya tulis dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-90, Minggu (28/10/2018) di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Bireuen.

Wabup Muzakkar dalam sambutannya menyebutkan, memang ada tantangan dan hambatan yang dihadapi KNPI Bireuen. Tapi jika spirit (semangat) ada, maka KNPI akan bisa berbuat banyak.

“Pada Hari Sumpah Pemuda ini, saya berkeinginan lahirnya Dinas Pemuda dan Olahraga, paling tidak 2019 sudah ada. Kita butuh dukungan dari semua pemuda untuk mewujudkan hal tersebut. Saya ingin ada gedung pemuda tempat beraktivitasnya organisasi pemuda,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Bireuen, Asnawi menyebutkan, lomba karya tulis tersebut digelar dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.

“Lomba karya tulis bertemakan Peran Pemuda dalam Konteks Kekinian,” katanya.

Sementara sub temanya, peran pemuda dalam memberantas narkoba, peran pemuda dalam menjaga keutuhan bangsa, peran pemuda dalam mengembangkan usaha mandiri dan ekonomi kreatif, peran pemuda dalam mengkampanyekan toleransi antar umat beragama, pemuda dan kesadaran politik dan pemuda sebagai agen perubahan.

Juri lomba karya Tulis, Muhajir Juli pada kesempatan itu mengumumkan para juara, dari 26 karya masuk, 9 tak memenuhi kriteria karena tak sesuai tema.

Adapun juara 1, Mirwatul Uli, dengan karya pemuda kreatif untuk Indonesia hebat, juara 2, Mus Arhan, karyanya strategi pemuda dalam pelestarian lingkungan hidup dan juara 3, Agussalim, judul karya menakar kesadaran generasi muda milenial terhadap politik.

Juara harapan 1, Wardatul Aini, judul karya cerdas dan berkualitas tuntutan pemuda milenial

juara harapan 2, Rina Gustina, dengan karya, menjadi pemuda berjiwa patriotisme, intelektual dan spiritual dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara serta jara harapan 3, Muhammad Razanur, dengan karya, Pemuda kere politik matre.

Para juara mendapatkan hadiah uang trophy serta sertifikat yang diserahkan Wabup Muzakkar dan Ketua KNPI Bireuen, Asnawi. (Ihkwati).

BAGIKAN