KABAR BIREUEN-Wakil Bupati Bireuen Dr Muzakkar A Gani SH, M.Si menghadiri Seminar Nasional dengan topik kajian tentang “Globalisasi Selat Malaka Dalam Pembangunan, yang dilaksanakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Medan, Rabu (12/12/2018).

Wabup Muzakkar pada kesempatan itu menyampaikan pentingnya Selat Malaka bagi Bireuen dan Aceh.

Disamping kawasan pelayaran lintas antar benua, sebutnya,  Selat Malaka juga mengandung kekayaan alam minyak dan gas bumi.

“Khusus untuk Bireuen baru saja dilakukan uji kajian seismic oleh dua perusahaan asing yang bekerja sama dengan Pertamina yaitu “Mubaddala Invesment Company” perusahaan dari Arab Saudi dan “Talismant Andaman BN” (Part of Repsol Group),  yang bekerja sama dengan Repsol,” ungkap Wabup.

Wabup menyarankan agar Selat Malaka betul-betul diawasi, karena rentan dari tindak kejahatan penyeludupan barang seperti bawang gula dan pakaian serta penyeludupan narkotika sabu-sabu.

Dalam seminar nasional tersebut membahas revitalisai potensi strategis Selat Malaka dalam rangka ketahanan nasional, bahan alam di Selat Malaka, potensi yang terabaikan dan kebijakan politik Indonesia di Kawasan Selat Malaka serta aspek tindak pidana yang terjadi di Selat Malaka dalam perspektif kriminologi.

Seminar nasional tersebut menghadirkan empat pembicara, yaitu, Mayjen TNI Abdul Chasib (Lemhanas RI), Sumathi Permal dari MIMA Malaysia, Dr. Drs Agus R R MM ME dari LIPI dan Prof Dr Musri MSc (Unsyiah) serta Prof DR Ediwarman M Hum (USU). (Ihkwati)

BAGIKAN