KABAR BIREUEN-  Puluhan ribu warga memadati Lapangan Galacticos, Cot Gapu, Bireuen, Senin malam ( 12/3/2018) untuk mendengarkan tausiah Ustad H. Abdul Somad Lc,.MA, dalam Tabligh Akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad 1439 H.

Jalan menuju lokasi tabligh akbar tersebut juga tampak macet dan dipenuho pendagang dadakan di sepanjang jalan.

Tausiah UAS dengan ciri khas ceramah diselipin humor dan guyonan,   disambut hangat  dan tawa lepas jamaah yang hadir.

Tajuk malam ini, sebut Ustad Somad, adalah manajemen kalbu, tentang hal yang dapat merusak hati, yaitu takkabur, merasa diri besar, sombong.

“Tak masuk surga jika ada kesombongan di hatinya meski sebesar biji sawi. Tak ada cara lain selain merendahkan diri,”  jelas UAS.

Penyakit hati kedua adalah Hasad, adalah tak senang melihat orang lain dapat nikmat. Hasad itu tak bisa dideteksi, tak nampak dari luar.

“Bersihkan hati. Ketika orang lain dapat nikmat kita marah, maka itu ada penyakit hasad, yang tahu itu kita dan Allah. Hasad itu membakar dan menghabiskan amalmu,” papar Ustad Somad.

Untuk menghilangkan penyakit hati, doakan orang dapat nikmat itu yang baik-baik.Jangan doakan yang jelek.

Dan penyakit hati ketiga yaitu, syirik, mempercayai selain Allah.

Pada kesempatan itu, Ustad Somad menyebutkan, agar dalam memilih pemimpin jangan sampai karena disuap atau disogok, karena itu haram.

Bupati Bireuen H. Saifannur S.Sos dalam sambutannya menyebutkan,   ustad Somad kecil-kecil cabe rawit. Allah memberkati ilmunya, alumni Timur Tengah yang dikenal banyak orang.

“Saya malam ini tak berceramah, karena ada ustad, panggung ini milik Ustad Somad. Kalau ada kesempatan kita akan undang lagi,” sebut Saifannur.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah, Tgk H. Fadhil Rahmi Lc, menyebutkan, mendatangkan Ustad Somad bukanlah  hal mudah.

“Semoga kedatangan ustad sebagai pertanda kemakmuran Kabupaten Bireuen, kami atas nama rombongan UAS memohon doa agar memberi kesehatan kepada beliau untuk melanjutkan safari dakwah,” harap Fadhil. (Ihkwati).

BAGIKAN