KABAR BIREUEN – Anggota DPRA, Ir. H. Saifuddin Muhammad, secara resmi membuka Turnamen Sepak Bola Antar Pelajar Tingkat SMA/SMK/MA  se-Kabupaten Bireuen.

Pembukaan turnamen memperebutkan Piala Damai 2017 ini dipusatkan di Stadion Utama Cot Gapu Bireuen, Sabtu (29/4/2017).

Pembukaan turnamen ini diwarnai dengan dilakukan tendangan pertama oleh H. Saifuddin Muhammad, sebagai tendangan penghormatan

Turnamen yang diselenggarakan oleh Dinas Olahraga (Dispora) Aceh tersebut, digelar mulai 29 April – 15 Mei 2017 di tiga wilayah dalam Kabupaten Bireuen.

Dalam inti sambutannya Saifuddin menyebutkan, turnamen sepak bola ini bertujuan untuk mengembangkan prestasi dalam cabang olahraga sepak bola dan untuk mempererat tali persaudaraan di kalangan pelajar serta untuk melakukan evaluasi dan pembinaan olahraga.

Selain, sebagai ajang silaturrahim antar pelajar dan upaya penyaluran bakat-bakat olahraga dalam bidang sepak bola

Tujuan lainnya yaitu menumbuhkan semangat berolahraga pelajar, sehingga terhindar dari perbuatan yang merugikan, seperti bahayanya penyalahgunaan obat terlarang atau narkoba yang saat ini sangat marak.

“Olahraga itu sangat penting, selain untuk kesehatan juga untuk menjalin silaturrahmi, serta dapat menghindari dari  narkoba,” ujarnya.

Menurut Saifuddin, para pelajar perlu terus melakukan hal-hal positif seperti olahraga, olahraga mengajarkan tiga hal yakni fair play, sportivitas dan disiplin. Disipilin sangat penting bagi pelajar

Kepada komisi wasit agar bekeja secara profesional demi menyuguhkan permainan sepakbola yang baik dan dapat menghibur masyarakat.

“Junjung tinggi fair play, kemudian para pencari bakat juga diharapakan mampu menyaring para pelajar berbakat untuk membentuk sebuah skuad sepakbola yang terbaik,” pesan anggota DPRA Aceh itu.

Sebelumnya ketua panitia turnamen Sardani S.Pd. mengatakan, turnamen berhadiah total sebesar Rp 24,5 juta ini diikuti 25 tim dari sekolah tingkat SMA/SMK/MA  se-Kabupaten Bireuen.

Turnamen dengan sistim gugur ini, dibagi tiga wilayah, yaitu wilayah barat terdiri dari 6 tim, tengah 13 tim  dan wilayah timur 6 tim.

Untuk wilayah barat dipusatkan di lapangan Meunasah Blang Jeunieb, setiap hari satu kali pertandingan pukul 16.30 Wib. Selanjutnya, wilayah tengah, di Stadion Utama Cot Gapu Bireuen, setiap hari dua kali pertandingan pukul 15.00 Wib dan pukul 16.30 Wib.

Kemudian, di Lapangan Raja Taloe, Kutablang, untuk wilayah Timur, setiap hari satu kali pertandingan pukul 16.30 Wib. “Pertandingan di wilayah barat dan timur dilaksanakan selama empat hari mulai 13-16 Mei 2017,” jelasnya.

Turut hadir dalam pembukaan turnamen itu, Kasi Olahraga Prestasi (Dispora) Aceh Maksalmina S.Pd, mewakili Kadispora Aceh, Forkopimda Bireuen, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Bireuen dan undangan lainnya.

Berikut hasil pertandingan hari pertama, Sabtu (29/4/2017) di Stadion Cot Gapu, SMAN 3 Bireuen menang telak 9-0 atas SMKN 2 Peusangan.

Sementara untuk pertandingan, Minggu (30/4/2017) di Stadion Cot Gapu Bireuen, pertandingan pertama pukul 15.00 Wib, SMAN 1 Juli versus SMAN 2 Bireuen. Pertandingan kedua pukul 16.30 Wib, SMAN 1 Bireuen versus SMKN 1 Bireuen. (Herman Suesilo)

 

BAGIKAN