KABAR BIREUEN-Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melalui Koordinator Jurnalis Warga (KJW) mengadakan rekrutmen dan sosialisasi program Jurnalis Warga, Jumat (10/5/2019) siang.

Kegiatan itu dilgelar di Balai Desa Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.

Koordinator Jurnalis Warga Kabupaten Bireuen, Nurmalis menyebutkan, sejak tahun 2017, Bireuen telah menjadi pilot project program jurnalis warga khususnya Kecamatan Simpang Mamplam.

Program ini dicetus oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) tersebut diimplementasikan di enam desa.

“Tahun 2019, Bireuen kembali mendapatkan program yang sama dengan wilayah yang berbeda, yaitu kecamatan Peusangan dan Gandapura,” katanya

PPMN melalui Koordinator JW melakukan perekrutan lagi untuk dua wilayah tersebut dengan melibatkan empat desa di kecamatan Peusangan (Gampong Raya Tambo, Tanjong Paya, Cot Rabo Baroh dan Seuneubok Rawa) dan satu desa di Gandapura (Gampong Teupin Siron).

Masing-masing desa mewakili tiga orang kader yang dipilih langsung oleh aparatur desa sebagai jurnalis warga binaan PPMN selama tujuh bulan sejak Mei 2019 -November 2019.

Pada saat yang sama, juga dilakukan sosialisasi program secara umum kepada seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan jurnalis warga, baik pemerintah desa, kecamatan dan pihak kabupaten.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Vika Novita dari Diskominfo Bireuen, yang menyampaikan materi tentang Kelompok Informasi Gampong (KIG) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Narasumber lainnya, Mukhlis Aminullah, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan pengantar dari Camat Peusangan Erry Seprinaldi SSTP, S,Sos,MSi.

“Terimakasih atas partisipasi semua pihak yang telah terlibat dan mendukung kegiatan jurnalis warga baik dari pihak Diskominfo, Pemerintah Kecamatan Peusangan, Gandapura, P3MD, PD Peusangan, aparatur desa, media dan unsur lainnya,” ucap Nurmalis.(Ihkwati)

 

BAGIKAN