KABAR BIREUEN – Dari jumlah 269 narapidana dan 74 tahanan Cabang Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bireuen, 80 persen di antaranya didominasi kasus narkoba. Hanya 20 persen yang terlibat kasus lainnya.

Kepala Cabang Rutan Bireuen, Sofyan, SH (foto) didampingi Kasi Pelayanan Napi dan Tahanan, Fauzi, SH menjelaskan hal itu kepada Kabar Bireuen di ruang kerjanya, Selasa (30/10/2018).

Dikatakannya, jumlah penghuni Cabang Rutan Bireuen sudah over (melebihi) kapasitas dari daya tampung 85 orang, sehingga kekurangan fasilitas tempat tidur terpaksa memanfaatkan ruangan mushalla Rutan.

Pantauan Kabar Bireuen ke ruang-ruang tahanan, kendati penghuni Cabang Rutan Bireuen sudah over kapasitas, berkat ketekunan dan kebijakan Kepala Cabang Rutan bersama stafnya, kondisi napi dan tahanan dalam keadaan sehat, tertib dan damai.

Konon lagi, suasana ruang tahanan yang sudah dipoles sangat bersih dan rapi. Tentu, ini menyenangkan warga binaan dalam menjalani hukuman maupun para tahanan yang sedang menjalani proses hukum.

“Dari jumlah 343 napi dan tahanan sebanyak 246 laki-laki dan 8 perempuan masih menjalani hukuman satu tahun ke atas, 11 orang tahanan polisi, 7 tahanan jaksa, 41 tahanan hakim, 6 tahanan banding, 10 tahanan kasasi dan 9 tahanan lainnya,” rinci Sofyan. (HAR Djuli)

 

BAGIKAN