KABAR BIREUEN- Badan pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bireuen menggelar Rapat kerja Cabang (Rakercab) serta Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) Tahun 2017, Kamis (26/10/2017) di salah satu hotel di Bireuen.

Kegiatanbertemakan Sinergitas pengusaha  muda  dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat Bireuen tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Bireuen Ir.Zulkifli Sp mewakili Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos.

Dalam sambutan, Sekda  mengapreasiasi panitia yang telah bekerja keras  sehingga terselenggarakannya rakernas tersebut.

Disebutkanya, HIPMI mempunyai potensi yang luar biasa,dengan perannya tersebut, HIPMI Bireuen bisa saja membuat Kabupaten tersebut menjadi kota pengusaha muda. Karena HIPMi wadah tempat berkumpulnya pengusaha muda yang kreatif, menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

“Melalui raker dan diklat ini, saya mengharapkan dapat melahirkan pengusaha muda yang mandiri, dan bisa lebih berkembamg serta memotivasi anak muda untuk bangkit menuju cita-cita menjadi pengusaha sukses,” sebut Sekda Zulkifli.

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bireuen sangat mendukung kegiatan wirausaha yang dilakukan kalangan anak muda. Karena itu terus mendorong pemuda untuk mandiri, terutama di sektor swasta yang bisa memyerap tenaga kerja.

Setiap tahun ada angkatan kerja lulusan perguruan tinggi, namun tak mempunyai pekerjaan.  Misalnya lulusan kebidanan, Pemkab tak sanggup menampung semuanya, ini menjadi beban dan tanggungjawab semua pihak.

“Setiap desa harus ada unit perbengkelan. Kami harapkan bukan hanya sektor industri, tapi juga pertanian, perikanan, perdagangan serta perkebunanan. Jadi pengusaha tak seperti membalik telapak tangan. Beri kesempatan magang di tempat usaha yang sukses. Sektor perbankan juga harus membantu permodalan,” harap Zulkifli.

Sebelumnya,  Sekum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Aceh, Sayuti M. Nur, kegiatan tersebut wajib digelar BPC HIPMI. HIPMi punya kewajiban untuk merekrut anggota baru dan administrasi Kartu Tanda Anggota (KTA) online, terkait akumulasi hak suara bpc saat menghadiri munas.

‘Kepada pengusaha yang tergabung dalam HIPMI, saya berharap tak hanya  membayar pajak, tapi membayar zakat, kerjasama dengan Baitul Mal. Kepeda peserta Diklatcab agar mengikuti dengan serius,” pungkas Sayuti.

Hadir pada Rakercab dan Diklatcab tersebut,  Wakil Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi, HIPMI Aceh,  Irwanto,  Wakil Ketua DPRK Bireuen, Athaillah M. Saleh, Sekretaris BPC HIPMI Bireuen, Edi Saputra atau Edi Obama, kepala SKPK, anggota DPRK, daro KADIN, Sopyan Ali,  perbankan serta Ormas/OKP (Ihkwati).

BAGIKAN