KABAR BIREUEN – Pengurus Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ampoen Chiek Peusangan kembali melaksanakan wisuda angkatan II tahun ajaran 2019 M/1440 H di Gedung Karang Taruna Matangglumpangdua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Minggu, 28 April 2019.

Prosesi wisuda tersebut diawali dengan pawai ta’aruf mengelilingi kota Matangglumpangdua, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H. Pesertanya sebanyak 110 orang.

Direktur TPA Ampoen Chiek Peusangan Tgk Muhammad Rizal, S.Pd.I, MA merincikan, terdapat empat kategori wisuda yang dilaksanakan pada angkatan II ini.

Pertama, Wisuda Santri Tahfidh untuk 2 juz (juz 29 & 30) dan 1 juz (juz 30).

Kedua, Wisuda Santri MADIN (Madrasah Diniyah) angkatan pertama. Jumlahnya empat siswa kelas 3 SMP.

Ketiga, Wisuda Santri TPQ. Mereka berjumlah 51 orang.

Keempat, Tasyakuran Santri Khatam Iqra’. Jumlah mereka 35 orang.

“Sampai saat ini, TPA Ampoen Chiek Peusangan telah melahirkan lulusan di tahun ke dua sebanyak 78 orang,” jelas Tgk Rizal.

Tgk Rizal menuturkan, sekitar 70 persen lebih alumni TPA Ampoen Chiek Peusangan telah melanjutkan studinya ke berbagai pesantren modern di seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh. Bahkan, ada tiga orang yang telah melanjutkan ke pesantren di Sumatera Utara.

“Kita patut berbangga, mereka telah memilih pesantren sebagai tempat melanjutkan studinya,” ucap Tgk Rizal.

Sementara Plt. Kadis Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen, M. Jafar yang mewakili Bupati Bireuen, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran TPA di Mesjid Besar Peusangan telah dapat memakmurkan mesjid.

“Dari mesjidlah kita melahirkan generasi-generasi pengahafal Qur’an. Sehingga, anak-anak kita akan senantiasa selalu mencintai Al-Qur’an,” ujar M. Jafar. (REL)

BAGIKAN