KABAR BIREUEN – Sebagai upaya pencegahan dan mendeteksi dini penyakit tidak menular, petugas promosi kesehatan (Promkes) Puskesmas Kota Juang, Kabupaten Bireuen, memeriksa kesehatan para guru di SMAN 3 Bireuen, Senin (19/2/2018).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bireuen, dr. Amir Addani, M.Kes, dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen, menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka menjalankan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk promosi kesehatan.

“Kegiatannya antara lain, mencek kesehatan semua guru di sekolah tersebut. Terdiri dari pemeriksaan lingkaran perut, tensi kholesterol, asam urat dan gula darah,” sebut Amir Addani.

Untuk mencegah penyakit tidak menular tersebut, dia menganjurkan tiga hal. Pertama, cek kesehatan secara rutin. Kedua, adanya aktifitas fisik dan ketiga, makan buah-buahan dan sayuran tiap hari.

“Kita ketahui sekarang, penyakit yang tren adalah diabetes, darah tinggi dan hipercholesterol. Makanya, kita perlu mencegahnya sedini mungkin,” imbau Amir Addani. (Suryadi)

BAGIKAN