KABAR BIREUEN-Bulan Muharram merupakan bulan tahun ajaran baru yang sudah menjadi tradisi bagi seluruh pondok pesantren di Indonesia.

Hal yang sama juga berlaku bagi seluruh Dayah Di Aceh dimana setiap bulan Muharram merupakan ujian akhir semester dimana setiap santri yang lulus ujian akan naik kelas.

Seperti yang terjadi di Dayah Miftahul Falah Al Aziziyah Pandrah Kabupaten Bireuen setelah ujian akhir Semester mengelar sejumlah lomba antar santri pada Minggu, (8/9/2019) malam.

Dayah Miftahul Falah didirikan oleh Almarhum Abon Sudirman Arifin ahli ilmu falaq, suaranya yang masih bisa kita dengar saat ini di Radio Yadara FM 92.8 MHz dan Radio Mutiara FM 105.8 MHz Beuruneuen pada program pengajian kitab Muraqi ‘Ubudiah dan Syarah Hikam.

Ketua Umum/Mudir I Dayah Miftahul Falah Al Aziziyah Cot Batee Geulungku Tgk Zulfikar menyebut kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya setelah ujian akhir semester dilakukan yang diikuti oleh santri tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah.

“Dimasa minggu tenang kami menggelar acara ini bersamaan persiapan pengisian nilai rapor santri sebelum dibagikan nanti,” sebut Mudir I, Zulfikar yang juga menantu almarhum Abon Sudirman..

Acara ini bertujuan untuk memotivasi semangat belajar para santri dan tolak ukur capaian materi yang telah dipahami para santri, selain itu acara ini dalam rangka memperingati tahun baru islam 1441 H yang merupakan hari santri nasional.

Ketua Panitia PHBI dan Acara Muharram Tgk Idrus di sela-sela acara berlangsung menjelaskan ada beberapa cabang yang diperlombakan untuk Kategori Putra dan Putri diberbagai tingkatan.

Lomba tersebut adalah, Baca kitab dengan bobot nilai makna, surah atau penjelasan dan Nahu/Saraf. Baca Kitab Matan Taqrib(Matan Abi Suja’), Al Bajuri (Fathul qarib) dan kitab I’anatutthalibin (Fathul Mu’in).

Selanjutnya hafalan Matan Jauharah, hafalan bait Matan Sulam dan hafalan baet Al Fiah, adapun cabang lomba Pidato Tiga Bahasa, Arab, Inggris dan bahasa Indonesia. Terkhir lomba Fahmil Kutub (Cerdas Dan Cermat).

Sedangkan untuk kategori umum lomba Hafiz Al-Quran 1 Juz dan lomba Kaligrafi.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta, dimana setiap peserta boleh mengikuti 2 cabang, acara ini digelar dimulai pada Sabtu, 31 Agustus – 10 September 2019 dan dinilai oleh oleh 20 orang Dewan Juri/Dewan Hakim. (Al Fadhal/ Humas IPSA Bireuen).

BAGIKAN