KABAR BIREUEN-Pemerintah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen berkomitmen untuk membebaskan anak-anak di kecamatan ini dari Stunting.

Stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

Hal ini dikatakan Camat Peusangan Erry Seprinaldi, S.STP., S.Sos., M.Si, kepada Kabar Bireuen, di Gedung Karang Taruna kecamatan setempat. Jumat (15/2/2019) sore, di sela-sela kegiatan pembagian garam beryodium kepada ratusan ibu-ibu PKK se Kecamatan Peusangan.

Dikatakan, salah satu penyebab Stunting adalah rendahnya mengkonsumsi garam yodium, selain untuk mencegah Stunting, garam yodium juga sangat penting untuk pemeliharaan kelenjar tiroid, menjauhkan dari penyakit gondok, gangguan pendengaran, kretin, semangat rendah dan menghilangkan racun dalam tubuh.

“Salah satu langkah untuk membebaskan anak-anak dari Stunting yaitu dengan mengkomsusi garam beryodium,” ujar Erry Seprinaldi.

Menurutnya, banyak yang tidak tahu, kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah pertumbuhan si kecil. Apalagi, jika stunting dialami oleh anak yang masih di bawah usia dua tahun. Hal ini harus segera ditangani dengan segera dan tepat. Pasalnya stunting adalah kejadian yang tak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi.

Camat Peusangan ini menghimbau warganya agar selalu mengkonsumsi garam beryodium, karena yodium juga membantu sistem metabolisme tubuh, kematangan reproduksi dan kekebalan tubuh. (Herman Suesilo)

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN