Camat Juli lantik Petuha Mukim Juli Utara

KABAR BIREUEN – Camat Juli, Drs Munir melantik dan mengambil sumpah anggota tuha peut Mukim Juli Utara di kantor Camat Juli, Rabu, (11/4/2018) siang.

Mereka yang dilantik adalah, Najib Zakaria sebagai peutuha tuha peut, Sulaiman Aziz, MM keurani tuha peut, Fadhlullah, Faisal Hasan, Saiful Amri, Nawawi Yusuf, Halwi Abdullah, Jasmi Adam, Badriah, Ummi Kalsum dan Zulaikha dengan jabatan sebagai anggota.

Camat Juli, Drs Munir dalam sambutannya menjelaskan bahwa setelah dilantik Tuha Peut Mukim sudah bisa bekerja. Lembaga mukim dan tuha peut hanya ada di Aceh.

“Aceh punya kelebihan dan keistimewaan, maka keistimewaan ini mari kita syukuri, kita jalankan sesuai aturan,” katanya.

Tugas Tuha Peut Mukim kata Camat, diantaranya adalah membuat qanun tingkat kemukiman, seperti membuat qanun tentang hewan peliharaan, ternak. Hal ini dinilai penting agar masyarakat tidak terganggu dengan ternak yang bebas berkeliaran.

“Kita mengupayakan adanya aturan, jangan ada yang mengganggu kenyamanan bersama,” sebutnya.

Kepada Imum Mukim Camat berpesan agar menghidupkan adat istiadat yang sesuai syariat. “Mate aneuk meupat jrat, mate adat pat tamita,” katanya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Tuha Peut Mukim Juli Utara dihadiri anggota Polsek Juli, anggota Danramil, kepala Kantor Urusan Agama, kepala desa dan imam-imam desa dalam wilayah Kemukiman Juli Utara. (Suryadi )

BAGIKAN