KABAR BIREUEN-Camat Juli Kabupaten Bireuen, Doli Mardian SE,M.S.M, melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Lembaga Tuha Peut Gampong Abeuek Budi Kemukiman Juli Timur, periode 2018-2024.

Pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tujuh orang Lembaga Tuha Peut itu berlangsung di Meunasah setempat, Minggu malam (22/7/2018).

Dalam inti arahannya, Doli Mardian menyampaikan, Tuha Peut yang telah di lantik agar menjaga amanah yang telah di percayakan oleh warga dan sumpah yang diucapkan jangan dilanggar.

Bekerja dengan ikhlas sesuai tupoksi masing-masing, sebagai legislatif gampong untuk berkoordinasi dan pengawasan kerja pemerintahan gampong, agar hasil dari apa yang kita kerjakan membuahkan hasil yang baik.

Selain itu, Tuha Peut harus lebih memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai komitmen dalam melaksanakan tugas dan dapat bersinergi dengan unsur kelembagaan yang ada.

“Tuha Peut harus mempunyai ketrampilan, inovasi, kecerdasan, kreatif dan gagasan yang cemerlang untuk membangun gampong dan kesejahteraan warga,” kata Camat Juli ini.

Tuha Peut tidak bisa memerintah keuchik, juga sebalik nya, karena keuchik adalah mitra kerja dalam menyelenggarakan pemerintahan gampong baik dalam pembahasan dan pengesahan APBG serta penyusunan qanun gampong dan penyelesain sengketa dalam masyarakat.

Bila ada kekeliruan dan kesalahan dari Keuchik (Kepala Desa ) menjalankan roda Pemerintahan Gampong, tambah Doli Mardian, harap ditegur dengan baik dan bila ada yang perlu di musyawarahkan laksanakan dengan baik.

Camat Juli ini, juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tuha Peut yang lama atas pengabdiannya dalam menjalankan tugasnya selama ini.

Kegiatan ini dihadiri Keuchik gampong setempat, Forkopimcam Juli, Sekdes, Imum Meunasah, tokoh masyarakat, unsur lembaga, sebagian warga setempat dan undangan lainnya. (Herman Suesilo).

BAGIKAN