Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos menyerahkan penghargaan terbaik Pengelolaan Dana Desa di bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada Gampong Paya Rangkuluh, Kecamatan kutablang, pada kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID),

KABAR BIREUEN– Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos menyerahkan penghargaan terbaik Pengelolaan Dana Desa di bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada  Gampong Paya Rangkuluh, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, pada kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID),di Aula Gedung Ampon Chiek Peusangan, Selasa (4/12/2018).

Keuchik Gampong Paya Rangkuluh, Saiful M Jafar, terharu dan bangga atas prestasi yang didapatkan untuk desa yang dipimpinnya saat ini. Prestasi ini sebuah penghargaan yang membanggakan.

“Berkat hasil karya dari warga kami Muhammad Nazri pengurus posyantek desa mampu melahirkan inovasi yang dapat membantu warga dalam bidang Teknologi Tepat Guna(TTG) salah satu nya memproduksi mesin pencacah pakan ternak,” sebutnya.

Sumber dana yang diambil dari lembaga Posyantek desa dan ini telah berjalan dari tahun 2016 sampai sekarang, ia menambahkan penghargaan juga tak lepas dari dukungan serta bimbingan Muspika Kacamatan Kutablang dan Tim Program Inovasi Desa(TPID).

Sementara itu Yasrizanur, ST.MT,Dipl.HE, Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna mengatakan program P3MD-PID kabupaten Bireuen Penghargaan inovasi desa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui DPMG PKB, merupakan apresiasi terhadap komitmen Desa Paya Rangkuluh terhadap program-program prioritas Kemendes PDTT.

Program prioritas kementrian desa yang dituangkan dalam permendes setiap tahunnya adalah BUMG. Pengembangan TTG melalui Posyantekdes, Embung Desa dan Sarana Olahraga.

“Dalam hal inilah Paya Rangkuluh mendapatkan penghargaan sebagai gampong Pengelolaan Dana Desa terbaik Bidang TTG, karena fokus membina posyantekdes. Sehingga posyantekdes Paya Rangkuluh sudah mampu menghasilkan produk unggulan desa berupa mesin cacah pakan ternak yang pemasarannya sudah sampai ke Sumatera Utara. Kita mengharapkan prestasi yang membanggakan ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain,” jelasnya.

Hal serupa juga diapresiasi oleh Ketua PID Kecamatan Kutablang, Mukhtarrudin kepada Keuchik Gampong Payah Rangkuluh dan pengurus Posyantekdes atas keberhasilan meraih penghargaan pengolaan Dana Desa di bidang TTG) ini harus menjadi contoh untuk desa lain di wilayah Kutablang.

Sehingga, katanya, anggaran desa dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam membangkitkan perekonomian.harapnya karena dengan adanya inovasi Desa bisa mendorong untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan desa dengan memberikan referensi dan inovasi potensi ekonomi lokal desa yang ada.

“Program inovasi Desa sangat penting bagi  masyarakat (SDM) untuk mengembangkan (SDA) menjadi potensi asset desa dan juga bisa meningkatkan PAD menuju desa yang mandiri dan sejahtera,” harap mantan Keuchik Buket Dalam.itu

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kutablang, khususnya kepada Camat Mukhsen S.Ag yang telah ikut mendampigi Tim PID dalam setiap kegiatan sosialisasi program inovasi ke desa-desa.

“Terima kasih juga kepada Bapak Yasrizanur, ST.MT,Dipl.HE, Bapak Mukhlis Aminullah Ibu Hamdiana Abu Bakar, kepada seluruh anggota P3MD Kecamatan Kutablang/PD dan PLD, BKAD dan Forum Asosiasi keuchik, yang telah ikut serta membantu dalam menyukseskan Kegiatan Inovasi Desa,” pungkasnya. (Ihkwati)

BAGIKAN