KABARBIREUEN-Bupati Bireuen H Ruslan M Daud menerima penghargaan Anugerah Literasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Anugerah yang diserahkan Dirjen Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad Ph.D  itu diberikan karena Kabupaten Bireuen dinilai berhasil berhasil menggerakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan membangkitkan minat baca sehingga menjadi budaya yang baik di sekolah.

Bupati Ruslan M Daud kepada Kabar Bireuen mengatakan anugerah Literasi yang diterima Kabupaten Bireuen tersebut dengan Kriteria Sangat Baik.

“Kabupaten Bireuen kembali mendapatkan Anugerah Literasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bekerjasama dengan USAID PRIORITAS. Anugerah itu diberikan kepada 19 Kabupaten/Kota se Indonesia,” sebut Ruslan.

Dari hasil penilaian dengan 18 indikator, Bireuen masuk 10 besar kabupaten/kota terbaik literasinya. Di Provisis Aceh, Anugerah Literasi itu hanya diperoleh Bireuen dan Aceh Barat Daya.

Kabupaten Bireuen, sebutnya,  di bawah tim literisasi yang  dibentuk, telah berhasil mengimplementasikan program prioritas  diantaranya adalah membangun sekolah model, pembiasaan, suplai buku, motivasi dan peningkatan kemampuan membaca anak kelas awal SD/MI menggunkan Buku berjenjang , Penerapan Pakem dan pembelajaran kontekstual di kelas tinggi SD,MI dan SMP/MTS.

Penghargaan ini, katanya lagi, didapatkan berkat komitmen dan usaha kita semua, ucapkan terima kasih Kami atas dukungan semua pihak yang terlibat, mulai dari para guru, pelajar, pegiat pendidikan dan seluruh masyarakat Kabupaten Bireuen.

“Semoga Allah SWT meridhai langkah kita semua, Amin,” pungkasnya. (Ihkwati)