KABAR BIREUEN- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Aceh, A Yuspanuddin Bc.AP,SH, MH akan meresmikan klinik pelayanan hkum di Cabang Rumah Tahanan Negara, Bireuen  Rabu (31/1/2018) besok.

Kepala Cabang Rutan BIreuen Sofyan,SH menjelaskan hal itu menjawab pertanyaan Kabar Bireuen di ruang kerjanya, Selasa, (30/1/2018)qq

Dikatakan, peresmian klinik Layanan Hukum di Cabang Rutan Bireuen, dilengkapi dengan pengacara untuk memberikan pelayanan bantuan hukum bagi para tahanan Cabang Rutan Bireuen  yang masih membutuhkan bantuan hukum bagi mereka dalam menjalani proses hukum pihak berwajib.

Kanwil Kemenkumham Aceh tahun 2018 yang pertama kali meresmikan klinik Layanan Hukum dan menyediakan pengacara untuk memberikan pelayanan bantuan hukum kepada para tahanan Cabang Rutan Bireuen yang terlibat berbagai kasus,  secara gratis.

“Para tahanan tidak perlu membayar biaya bantuan hukum kepada pengacara, karena  semua biaya pelayanan hukum bagi para tahanan dianggung sepenuhnya Kanwilkumham Aceh,” papar Sofyan.

Menjawab pertanyaan Kabar Bireuen terkait jumlah narapidana dan tahanan penghuni Cabang Rutan Bireuen sudah over kapasitas mencapai 334 orang, terdiri dari narapidana 258 orang dan tahanan 76 orang.

Fasilitas daya tampung  penghuni abang Rutan Bireuen 80 napi dan tahanan, namujn dalam kenyataannya Cabang Rutan Bireuen saat ini menampung 334 napi dan tahanan sudah setara dengan status Lapas.

Meskipun jumlah napi dan tahanan penghuni Cabang Bireuen sudah uver kapasitas belum ada rencana pemindahan narapidana ke Lapas dan Cabang Rutan lainnya.

“Kecuali jika ada diantara napi yang melakukan pelanggaran berat seperti membuat kerusuhan di Cabang Rutan Bireuen yang mengganggu keamanan dan kenyamanan para napi dan tahanan lainnya akan dipindahkan,” sebut  Sofyan. (Abu Iskandar).

BAGIKAN