KABAR BIREUEN– Kegiatan bersih-bersih pantai (peugleh pasie) yang digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Sabtu (2/3/2019) sukses terlaksana.

Ratusan relawan dari 26 lembaga di Bireuen terlibat dalam kegiatan yang didukung Sahabat Laut dan Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP).

Bersih-bersih pantai kali dilaksanakan di tiga titik, di Laut Jangka, Kecamatan Jangka, Pantai Pangah, Kecamatan Gandapura serta Laut Kuala Raja Kecamatan Kuala, dengan fokus utama di Laut Jangka.

Pada kegaitan itu juga disosialisasi terkait SRJS,  belajar mendata sampah plastik serta diskusi penanganan sampah.

Pada pelaksanaan bersih-bersih pantai tersebut, perserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengutip sampah di pinggir panrtai dan kemudian dikumpulkan dan dipilah-pilah.

Khusus untuk pantai Jangka, secara kasat mata memang tak terlihat sampah yang menumpuk di pinggi pantai maupun di lokasi pedagang berjualan.

Sampah tersebut ditemukan di antara semak-semak  di sekitar pantai.

Adapun sampah yang berhasil dikumpulkan diantaranya  puntung rokok, kemasan makanan, botol minuman, minuman gelas, tali plastik, sterofom, kantong kresek, sedotan plastik, personal care serta pampers.

Camat Jangka, Alfian.S.Sos yang ikut terlibat dalam aksi tersebut kepada Kabar Bireuen menuturkan, pantai Jangka memang saat ini semakin bersih dan tertata baik.

Hal itu, katanya, karena para pedagang  setiap harinya membersihkan sendiri sampah dagangannya, dan kemudian dikumpulkan di satu titik lalu dibakar. Sehingga tak terlihat sampah berserakan di sekitar lokasi penjual di tempat wisata tersebut.

“Kita berharap, baik pedagang maupun pengunjung terus menerus menjaga kebersihan pantai bersama-sama, jangan membuang sampah sembarangan. Semoga ke depannya tak ada lagi sampah apapun di pantai ini,” harapnya.

Tampak hadir dan ikut mengutip sampah pada kegiatan peringatan HPSN tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, dr Amir Addani, Sekretaris Dinkes, dr Irwan A.Gani,  aktivis Aceh Green Comunitiny (AGC), yang juga anggota DPRK Bireuen, Suhaimi Hamid, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana, Bob Mizwar, S.STP, M.Si

Tampak juga jajaran personel dari Polsek dan Koramil Jangka, tenaga kesehatan dari Puskesmas Jangka, Cot Iju, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng. (Ihkwati)

BAGIKAN