KABAR BIREUEN – Empat desa dalam Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, mendapatkan piagam penghargaan sebagai kawasan bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Keempat desa tersebut yaitu, Geulanggang Panah, Geulanggang Rayeuk, Lhoknga dan Dayah Panjoe.

Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, melalui Kepala UPTD Puskesmas Kutablang, dr. Darmawanti, mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada desa-desa yang telah berhasil menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya .

“Desa-desa ini menjadi contoh bagi desa lain untuk mengikuti perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Darmawanti kepada wartawan, Sabtu (6/1/2018).

Menurut Darmawanti, pihaknya dari Dinas Kesehatan Bireuen, sangat menaruh harapan, agar perilaku hidup bersih dan sehat, dapat dilaksanakan oleh setiap desa di Kabupaten Bireuen, khususnya di Kecamatan Kutablang.

“Karena dengan kita menerapkan perilaku lingkungan bersih, akan menekan penyebaran penyakit menular,” jelasnya.

Sementara itu Keuchik Geulanggang Panah, Armia Marzuki yang didampingi sekdes dan perangkat desa tersebut, mengaku gembira karena Geulanggang Panah terpilih sebagai salah satu desa penerima piagam penghargaan kawasan bebas BABS dari Pemerintah Kabupaten Bireuen

“Kami terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Kesehatan, dalam upaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat ini,” ujar Armia.

Penghargaan ini bisa didapat, kata Keuchik Armia, juga tidak terlepas dari dukungan penuh seluruh masyarakat Geulanggang Panah selama ini. (Suryadi)

BAGIKAN