KABAR BIREUEN– Babinsa 06/Peusangan jajaran Kodim 0111/Bireuen Sertu Muzakkir melaksanakan pendampingan kegiatan kawin suntik sapi dalam program Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB) dari Mantri Hewan Kecamatan Peusangan, Ispadi Sp.

Program UPSUS (Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting) SIWAB itu milik Kadus Muntasar di Dusun Gelanggang Merak, Desa Matang Sagoe, Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen berlangsung pada Rabu (12/6/2019)

Sertu Muzakkir kepada Kabar Bireuen menyampaikan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai pendamping lapangan dalam bidang peternakan, Babinsa akan selalu siap bersama petugas PPL Desa Matang Sagoe Dusun Gelanggang Merak berupaya agar pertumbuhan dan perkembangbiakan ternak sapi di wilayah dapat meningkat.

“Sehingga program Upsus SiWAB yang telah dicanangkan pemerintah dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang ditargetkan,” sebutnya.

Sementara itu, Mantri Hewan Ispadi Sp menuturkan, sesuai dengan namanya, Upsus SIWAB  ini bertujuan mengoptimalkan penambahan populasi dengan memaksimalkan tingkat kebuntingan pada induk ternak yang sudah memenuhi syarat umur untuk bunting.

Upsus SIWAB mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA)

Muntasar mengucapkan terimaksai kepada Babinsa dan Mantri Hewan atas program UPSUS SIWAB supayai dapat menghasilkan keturunan yang baik.

“Saya berharap kedepan pertumbuhan dan perkembangbiakan ternak sapi di Desa Matang Sageo Dusun Gelanggang Merak dapat meningkat,” pungkasnya. (Ihkwati)

BAGIKAN