Anwar Idris Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Aceh Tengah

KABAR BIREUEN – Anggota DPR-RI Fraksi PPP Drs H Anwar Idris menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan. Sosialisasi itu berlangsung Kamis (6/9/2018) di Aula Hotel Arafah, Takengon, Aceh Tengah.

Kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap Anggota DPR-RI/MPR-RI itu dihadiri sekitar 150 orang terdiri dari unsur tokoh partai (PPP), tokoh masyarakat, mahasiswa dan tokoh pemuda Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Menurut Anwar Idris, sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota DPR/MPR-RI.

“Sosialisasi ini demi menjaga keutuhan persatuan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dalam pidato pembukaannya, Anwar Idris mengatakan empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. Karena, banyak kepentingan bangsa lain terhadap indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

“Untuk itu, empat pilar kebangsaan ini harus kita maknai sebagai alat untuk membangun bangsa kita sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya, beberapa poin penting yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan tersebut mencakup Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kesemua poin empat pilar kebangsaan tersebut digali dari akar masyarakat Indonesia, sehingga bisa menjadi pedoman hidup,” tambah politisi tua ini di hadapan peserta dari kalangan pemuda, mahasiswa, tokoh masyarakat dan tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Mantan Anggota DPRK Bireuen dan DPR Aceh ini menambahkan, dasar hukum pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan adalah UU nomor 17 tahun 2014 Jo UU nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. (Rizanur)

BAGIKAN