KABAR BIREUEN – Tidak kurang 200 orang masyarakat 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen mengikuti kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan oleh Anggota DPR-RI Fraksi PPP Drs H Anwar Idris, Sabtu (2/2/2019) di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kebangsaan Bireuen, Provinsi Aceh.

Menurut Drs H Anwar Idris, sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota DPR-RI/MPR-RI.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini untuk menjaga keutuhan persatuan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRK Bireuen ini menambahkan, empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. Karena, banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

“Untuk itu, empat pilar kebangsaan ini harus kita maknai sebagai alat untuk membangun bangsa kita sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya, beberapa poin penting yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan tersebut mencakup Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Ke semua poin empat pilar kebangsaan tersebut digali dari akar masyarakat Indonesia, sehingga bisa menjadi pedoman hidup,” jelas Anggota Komisi X DPR RI ini lagi.

Dasar hukum pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan, lanjut anggota DPR Aceh periode 2009-2014 ini, adalah UU nomor 17 tahun 2014 jo UU nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Berikutnya, pada Minggu (3/2/2019) di tempat yang sama, Anwar Idris, selain menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan, juga menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan seratusan wali siswa dan wali mahasiswa penerima beasiswa PIP, PPA dan bidikmisi.

Pada kesempatan itu, politikus gaek yang memulai karir politiknya sebagai Anggota DPRK Bireuen, juga menampung aspirasi dari masyarakat dari berbagai kecamatan.

Agussalim, seorang wali mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi aspirasi dewan berharap, ke depan Anwar Idris hendaknya memperjuangkan lebih banyak lagi jumlah mahasiswa dan siswa penerima bantuan pendidikan atau beasiswa.

“Kalau bisa, Pak Anwar Idris harus mampu memperjuangkan lebih banyak lagi penerima beasiswa. Karena beasiswa bidikmisi sangat bermanfaat bagi kami orang miskin,” ungkap Agussalim.

Menjawab harapan dari wali mahasiswa tersebut, Anwar Idris mengungkapkan, jumlah penerima beasiswa bidikmisi yang diperjuangkannya dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Dan ini memang program saya sejak dilantik menjadi anggota dewan. Keberadaan saya sebagai anggota DPR-RI yang mewakili masyarakat 8 kabupaten/kota di Aceh harus dirasakan manfaatnya,” ungkap Pembina Yayasan Almuslim Peusangan ini.

“Kami wajib memperjuangkan hak masyarakat 8 kabupaten/kota di Aceh yang kami wakili, dari Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang,” pungkasnya. (Rizanur)

BAGIKAN