Koramil 06 Peusangan dan BPP Peusangan mengadakan temu tani dan penyemprotan serentak hana wereng di Desa Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Peusangan, Bireuen

KABAR BIREUEN– Koramil 06 Peusangan dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Peusangan mengadakan temu tani dan penyemprotan serentak hana wereng di Desa Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Peusangan, Bireuen, Selasa (23/1/2018).

Penyemprotan itu dilakukan bersama dengan petani untuk mengantisipasi wabah serangan wereng yang mulai mewabah di Kabupaten Bireuen.

Hadir pada temu tani dan penyemprotan tersebu, Kepala  BPP Peusangan, Hafni SP, Danramil 06 Peusangan, Kapten Inf Baidarlani, Babinsa Koramil 06 Peusangan, PPL BPP Peusangan.

“Penyemprotan itu dengan menggunakan produk Plenum dari sponsor  PT Sygenta, “ sebut Babinsa  Sertu Muzakkir kepada Kabar Bireuen.

Dikatakannya,  serangan hama wereng di Kabupaten Bireuen sudah mulai mewabah. Hama wereng menyerang tanaman padi petani  yang sudah berusia dua atau tiga minggu. Sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi menguning dan layu seluruhnya.  Serangan paling cepat terjadi jika hujan turun.

“Oleh sebab itulah harus segera diantisipasi serangan hama wereng akan meluas. Untuk mengatasi serangan hama wereng itu, petani melakukan penyemprotan insektisida,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait mulai mewabahnya hama wereng tersebut, Kepala Dinas Pertanian Bireuen, Ir Alie Basyah memanggil seluruh mantri tani dan pengamat hama untuk membahas langkah penanganannya serangan hama wereng itu.

Pihaknya, sebut Alie Basyah, juga menggelar rapat dengan para mantri tani, pengamat hama, dan sejumlah unsur lainnya untuk mengumpulkan data luas serangan dan kemudian membahas antisipasi terhadap hama wereng tersebut. (Ihkwati)

BAGIKAN