KABAR BIREUEN-Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kota Juang, Kabupaten Bireuen, mengelar bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Pengawasan Pemilihan Umum (Siwaslu).

Bimtek Siwaslu ini diikuti 134 anggota Pengawas Tempat Pemunggutan Suara
(PTPS) se Kecamatan Kota Juang, di salah satu kafe kawasan Jalan T Hamzah Bendahara, Sabtu (13/4/2019).

Ketua Panwascam Kota Juang Suryadi S.Pd menjelaskan, bimtek ini guna memantapkan para pengawas TPS untuk menggunakan aplikasi Siwaslu (Sistem Pengawasan Pemilihan Umum).

Aplikasi Siwaslu ini bisa melaporkan hal seperti money politik, kegiatan yang masih melakukan kampanye, distribusi C6, dan penyampaian logistik dari KIP ke PPK-PPS sebelum di hari H.

Dengan digelarnya bimtek ini tentunya diharapkan proses pengawasan Pemilu 17 April 2019 nanti, dapat berjalan lancar, kondusif dan sukses.

“Sebelumnya PTPS yang bertugas pada pemilu serentak 17 April mendatang, sudah dibekali dengan Buku Saku PTPS 2019, tentang pengawasan sebelum pemungutan suara, pengawasan persiapan pemungutan suara, pengawasan pemungutan suara, pengawasan proses pemungutan suara, pengawasan penghitungan surat suara, pemungutan suara ulang dan penghitungan ulang surat suara,” jelas Suryadi.

Amatan Kabar Bireuen, sebelum mengikuti bimtek ini, para anggota pengawas TPS bersama PPG dan Panwascam Kota Juang terlebih dahulu melakukan apel bersama di halaman Kantor Panwascam setempat. (Herman Suesilo).

BAGIKAN